Ini Penyebab Burung Cendrawasih Termasuk Hewan Langka

Ini Penyebab Burung Cendrawasih Termasuk Hewan Langka

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Mengapa burung Cenderawasih termasuk dalam hewan yang masuk dalam kategori langka? Apa yang bisa menyebabkan hewan tersebut menjadi langka?

Burung cendrawasih ini termasuk juga hewan yang langka karena untuk populasinya yang sudah sedikit.

Tidak cukup sampai di sini saja, terdapat juga ancaman kepunahan yang membuat burung ini akan semakin langka untuk ditemui.

Berikut ini tiga penyebab burung Cenderawasih ini mengalami hewan yang dalam kategori langka.

BACA JUGA:4 Shio Ini Membawa Keberuntungan di Hari Jum'at 6 Oktober 2023, Rezeki Berlimpah

Mulai dari pemburu liar Burung Cenderawasih ini burung endemik asal Papua ini yang terkenal memiliki buli serta warna yang cukup indah, serta kicauan yang nyaring saat berirama.

Jadi tidak heran jika satwa ini memiliki julukan "Bird of Paradise" Serta menjadi pemasok dalam kebanggaan rakyat Papua.

Namun, keindahan dari burung ini juga menarik perhatian bagi para pemburu. Adanya perburuan liar ini menjadi ancaman serius terhadap keberlangsungan populasi burung cantik ini.

Bukan hanya dari kelangkaan saja, tetapi perburuan liar juga dapat mengakibatkan kepunahan.

BACA JUGA:Keripik Pisang Lampung, Oleh-Oleh Lezat Khas Nusantara

Yang mana menjadi dugaan mengenai populasinya yang semakin mengalami penurunan secara terus-menerus karena dari perburuan liar yang mengakibatkan pemerintah Indonesia selalu berupaya untuk menjaga kelestarian Burung Cendrawasih dari ancaman kepunahannya.

Burung cendrawasih ini dijadikan satwa yang juga dilindungi sesuai dengan peraturan yang tertera pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990.

Perusakan Habitat

Ancaman terhadap kepunahan burung Cenderawasih ini tidak hanya karena perburuan liar, tetapi juga karena faktor dari pembangunan yang kurang ramah lingkungan. Akibatnya terdapat juga penyusutan lahan sebesar 663.443 hektar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: