TNI Siap Kirim Bantuan ke Palestina dengan Dua Pesawat Hercules

TNI Siap Kirim Bantuan ke Palestina dengan Dua Pesawat Hercules

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - TNI Tengah menyiapkan dua Pesawat Hercules C-130 A-1327 dan A-1328 milik TNI AU dari Skadron Udara 31 dan 32.

Mabes TNI saat ini tengah menyiapkan Pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara untuk mengirim bantuan logistik ke Palestina.

Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda Julius Widjojono menjelaskan langkah ini diambil untuk menindaklanjuti instruksi yang diberi Presiden Jokowi.

"TNI sedang menyiapkan dua Pesawat Hercules C-130 A-1327 dan A-1328 milik TNI AU dari Skadron Udara 31 dan 32. Kita juga siapkan dua pesawat Hercules cadangan untuk mendukung misi tersebut," ucap Julius dalam keterangan tertulis.

BACA JUGA:Dukungan untuk Palestina Ramai di Media Sosial dengan Ilustrasi Semangka

"Total dukungan pesawat untuk mengangkut logistik bantuan kemanusiaan ke Palestina jumlahnya tiga unit pesawat," katanya.

Selain dua pesawat milik TNI AU, akan ada juga satu unit pesawat charter oleh Mabes Polri.

Julius menyampaikan pengajuan nota diplomatik visa oleh Kemenlu RI terkait overflight clearance, landing permit, ground handling, dan lain sebagainya, saat ini tengah dilaksanakan.

Kementerian Pertahanan nantinya akan ikut membantu dalam beberapa pembiayaan proses pengiriman bantuan.

BACA JUGA:Timnas Indonesia akan Berduel Melawan Irak, Catat Tempat dan Jadwal Pertandingannya

Ia menjelaskan bantuan kemanusiaan ini, nantinya akan diterbangkan menuju Mesir kemudian akan diteruskan ke rakyat Palestina.

"Pengiriman bantuan ini rencananya dilepas oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu, 4 November 2023 pukul 08.30 WIB, di Base Ops Lanud Halim PK dan diperkirakan akan tiba di Mesir 6 November 2023," katanya.

"Kolaborasi antar instansi yang solid menjadikan proses pengiriman bantuan ini akan sampai dengan berjalan lancar," jelasnya.

Rute penerbangan dalam misi kemanusiaan ini dari Halim (Jakarta) - Aceh - Yangon (Myanmar) - New Delhi (India) - Abu Dhabi (UEA) - Jeddah (Arab Saudi) - El Arish (Mesir).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: