Diguyur Hujan Deras, 2 Pohon Tumbang di Jalan Raden Intan Liwa

Diguyur Hujan Deras, 2 Pohon Tumbang di Jalan Raden Intan Liwa

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hujan deras yang mengguyur sebagai besar wilayah Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat mengakibatkan dua pohon tumbang yang terjadi di Jalan Raden Intan, Lingkungan Sukamenanti, Kelurahan Pasar Liwa, Kecamatan Balik Bukit, pada Selasa (1 November 2023) sekitar pukul 13:20 WIB.

Salah satu dari dua pohon tumbang itu sempat mengganggu kelancaran lalu lintas karena hampir sebagian badan jalan tertutup oleh pohon yang melintang, dan saat kejadian beruntung kondisi jalan sepi dari pengendara yang melintas.

Sarif salah seorang pengendara mengatakan bencana pohon tumbang itu terjadi ditengah guyuran hujan yang berlangsung sejak siang.

“Ada satu pohon melintang di tengah jalan, hanya menyisakan separuh badan jalan, untungnya saat pohon tunbanh lalulintas sedang sepi," ujarnya.

BACA JUGA:Fasilitasi Hobi Warga, Pemuda Serengit Adakan Lomba Layang-layang Berhadiah Kambing

Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Lambar Padang Priyo Utomo melalui Kabid Kesiapsiagaan dan Logistik Mekal Novisa mengatakan bencana pohon tumbang itu terjadi ditengah guyuran hujan disertai angin kencang.

“Saat ini Satgas TRC dan Satgas PB pekon sudah ke lokasi untuk membersihkan pohon tersebut dengan peralatan manual yakni Chainsaw dan golok,” singkatnya.

Selanjutnya menyikapi tingginya curah hujan yang berlangsung saat ini, BPBD mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan berhati-hati saat berkendara.

“Kami imbau warga waspada, karena curah hujan akan terus meningkat. Tim BPBD melalui Pusdalops sendiri kami pastikan selalu siap baik antisipasi maupun penanganan,” kata dia.

BACA JUGA:Selesaikan Masa Kerja Dengan Hasil Baik, Peratin Trimulyo Sampaikan LPPD 2017-2023

Disisi lain, terkait langkah kesiapsiagaan sebelumnya pihaknya telah Berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait terutama pemerintah kecamatan dan pekon untuk memastikan kesiapan dari Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana (PB) pekon yang telah dibentuk.

“Satgas bencana pekon juga sudah kami koordinasikan selain supaya siap, mereka kami minta untuk meningkatkan koordinasi dengan melaporkan kondisi di masing-masing wilayah, supaya apabila ada potensi atau bencana bisa segera ditangani,” jelasnya.

Selain itu, terusnya koordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) mengenai alat berat juga sudah dilakukan, sehingga apabila sewaktu-waktu dibutuhkan alat berat untuk proses evakuasi maka alat siap diturunkan.

”Intinya kami imbau masyarakat selalu waspada, apabila cuaca sedang hujan upayakan untuk istirahat terlebih dahulu apalagi pada titik jalur yang rawan terjadi longsor dan pohon tumbang. Begitpun dengan masyarakat yang bermukim di bantaran sungai kami imbau agar mewaspadai banjir,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: