Faisal Basri : Kereta Cepat Whoosh Lebih Cocok untuk Perjalanan Bisnis

Faisal Basri : Kereta Cepat Whoosh Lebih Cocok untuk Perjalanan Bisnis

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Faisal Basri mengatakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) atau Kereta Cepat Whoosh ini lebih cocok untuk perjalanan bisnis, bukan untuk perjalanan keluarga.

Contohnya sebuah keluarga terdiri atas suami, istri, dan dua anak ingin berpergian ke Bandung dengan kereta cepat Whoosh, dan biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak ketimbang menggunakan modal transportasi umum lainnya.

“Coba bayangkan saja, anak dua, suami, istri, empat orang untuk pergi ke Bandung sudah berapa? Jadi tarifnya Rp 300 ribu kali empat dan kali dua  untuk pulang pergi / PP, berapa tuh? Sudah sampai jutaan,” ucap Faisal saat diskusi bertajuk ‘Beban Utang Kereta Cepat di APBN’ di Universitas Paramadina, Jakarta Selatan.

Seperti contoh yang diberi Faisal, terlihat bahwa kereta cepat itu tidak cocok untuk perjalanan keluarga, melainkan sebuah perjalanan bisnis.

BACA JUGA:Realme C51 Hadir dengan Fitur Kamera Berkualitas Tinggi

Karena, besar tarif kereta cepat Whoosh jadi itu hal tidak masuk akal. Maka akan lebih baik menyewa mobil dua hari untuk perjalanan ke Bandung, akan terasa lebih puas dan murah.

“Bukan perjalanan bisnis. Ke Bandung bisnisnya apa? Nggak ada. Untuk pusat keuangan di Jakarta, apa segala macam ada di Jakarta. Tapi seandainya perjalanan keluarga ke Bandung itu paling kuliner,” ucap Faisal Basri.

Tarif Rp 300 ribu yang sebelumnya merupakan tarif promo penjualan dimulai pada 14 Oktober 2023 lalu. Tetapi, per kemarin, Selasa 17 Oktober 2023, pengelola PT Kereta Cepat Indonesia China / PT KCIC memangkas promonya menjadi Rp 150 ribu untuk semua rute dan perjalanan dimulai pada 18 Oktober-30 November 2023. Tarif itu juga sudah termasuk Kereta Api Feeder.

Adapun promo ini, ucap Dwiyana, diberikan untuk upaya mendukung program pemerintah dalam mengurangi kemacetan dan polusi sebagai dampak tingginya penggunaan kendaraan pribadi di jalan raya. Dan juga tarif promo Kereta Cepat Whoosh diberikan dalam rangka HUT KCIC ke-8 yang jatuh pada 16 Oktober 2023 serta mendorong para penggunaan aplikasi mobile untuk pemesanan tiket khususnya Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh.

BACA JUGA:Berikut Syarat Agar Gaji Pensiunan PNS Bisa Cair Tepat Waktu

“Diharapkan dengan beragam promo Kereta Cepat Whoosh yang dihadirkan ini dapat menarik minat masyarakat agar bisa beralih dari jalan raya ke transportasi publik berbasis rel yang khususnya kereta cepat,” ucap Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi alias Edo saat acara peresmian aplikasi Whoosh di Stasiun Halim, kemarin.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: