Warga Bersama Unit Damkar dan SIBAT Padamkan Kebakaran TPA Pasar Senin Pajar Bulan

Warga Bersama Unit Damkar dan SIBAT Padamkan Kebakaran TPA Pasar Senin Pajar Bulan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Telah terjadi Kebakaran Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di sekitar Pasar Senin Kelurahan Pajar Bulan, Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat (Lambar) pada Selasa (24 Oktober 2023) sekitar pukul 12.30 WIB.

Untuk mengatasi kebakaran tersebut, tampak Tim Unit Damkar Way Tenong, bersama Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) PMI Kecamatan Way Tenong langsung melakukan upaya pemadaman dilokasi untuk mencegah menyebarnya api ke pemukiman warga yang hanya berjarak puluhan meter. 

Ketua PMI Waytenong Mediansah, S.K.M, M.Kes., mengatakan dugaan sementara kebakaran disebabkan adanya pembakaran sampah untuk mengurangi tumpukan sampah di lokasi TPS.

Namin karena dikhawatirkan pembakaran tidak dapat dikendalikan lantaran kobaran api cukup besar dan cepat menyebab akhirnya SIBAT dan Personil Damkar di banti warga melakukan pemadaman. 

BACA JUGA:Bahas Pengawasan dan Pengendalian Internal Badan Ad-Hoc, PPK Batu Ketulis Rakor Bersama PPS

Dijelaskannya dari kejadian tersebut tidak ada korban, walaupun sempat membuat masyarakat panik karena melihat kepulan asap hitam.

Atas kejadian itu Mediansah mengajak masyarakat untuk tidak sembarangan dalam menggunakan api.

Walaupun sifatnya untuk mengurangi sampah namun pada kondisi musim kemarau seperti saat ini justru berpotensi membahayakan dan menimbulkan bencana.

Terpisah Ketua PMI Lambar Edi Novial, S.Kom menyampaikan rasa syukur Alhamdulillah, Tim SIBAT telah bersinergi bersama Tim Damkar Way Tenong membantu pemadaman TPS di Pajar Bulan, karena inilah yang ditugaskan kepada tim dapat memberikan tanggapan awal dalam menghadapi bencana di tingkat pekon.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: