Pelanggaran Etik Bertemu SYL, Dewan Pengawas KPK Bakal Klarifikasi Soal Firli Bahuri

Pelanggaran Etik Bertemu SYL, Dewan Pengawas KPK Bakal Klarifikasi Soal Firli Bahuri

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dewan Pengawas (Dawas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih memproses laporan dugaan pelanggaran kode etik Ketua KPK Firli Bahuri terkait pertemuannya dengan pihak berperkara yang merupakan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Firli selaku terlapor akan diperiksa terakhir.

Berdasarkan informasi yang beredar Anggota Dewan Pengawas KPK Syamsuddin Haris menyebutkan saat ini masih dalam proses di Dewan Pengawas. Firli Bahuri (Fb) selaku terlapor diklarifikasi terakhir. Belum dijadwalkan.

Sejauh ini. Pihaknya tidak menjawab saat dikonfirmasi lebih dalam perihal proses yang sudah dijalani oleh Dewas KPK.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri dilaporkan ke Dewas KPK atas pelanggaran kode etik juga pedoman perilaku terkait dugaan pertemuan dengan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Laporan dilayangkan oleh Komite Mahasiswa Peduli Hukum pada Jumat, 6 Oktober 2023.

BACA JUGA:Polsek Pesisir Utara Laksanakan Patroli di Pasar Gedau

Koordinator Komite Mahasiswa Peduli Hukum Febrianes menyoroti mengungkapkan, aturan internal KPK yang melarang insan komisi bertemu dengan pihak berperkara. KPK menerima laporan dugaan korupsi kepada Kementan Rakyat Indonesia (RI) dari masyarakat pada tahun 2021. KPK membuka penyelidikan pada Januari 2023 serta menaikkannya ke tahap penyidikan pada September 2023.

"Setiap insan komisi KPK dilarang mengadakan pertemuan langsung atau tidak langsung dengan tersangka, terdakwa, terpidana atau pihak lain yang ada hubungan dengan perkara tindak pidana korupsi yang sedang ditangani KPK," Ungkapanya

Lanjutnya, taat ini kan muncul informasi foto pertemuan pimpinan KPK dengan SYL di lapangan badminton. Dari informasi media online yang bisa diakses, pertemuan tersebut terjadi pada Desember 2022

Sebelumnya, foto pertemuan antara Firli dengan SYL beredar luas di media. foto tersebut dari sumber yang tidak ingin identitasnya diungkap.

BACA JUGA:APBD-P 2023, Target PAD Lampung Barat Menjadi Rp65,358 Miliar

Di Dalam photo tersebut terlihat Firli yang mengenakan setelan olahraga terlihat berbincang dengan SYL yang memakai kemeja lengan pendek bercorak hitam-putih. Terlihat jagung rebus juga teh menemani obrolan tersebut.

Pertemuan keduanya terjadi bersamaan dengan Ketua KPK Firli Bahuri yang tengah bermain bulu tangkis di Mangga Besar, Jakarta Pusat.

Kedua nama tersebut menjadi perbincangan publik setelah ramai pemberitaan mengenai laporan dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK terkait kasus dugaan korupsi di Kementan. Laporan tersebut tengah diusut oleh Polda Metro Jaya.

Pada Kamis 5 Oktober 2023, SYL menjalani proses klarifikasi untuk kali ketiga terkait laporan tersebut pengaduan masyarakat. SYL mengaku telah memberikan semua informasi yang diketahuinya seputar dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: