Parosil Mabsus : Jadilah Relawan Sibat yang Baik dan Bersahabat

Parosil Mabsus : Jadilah Relawan Sibat yang Baik dan Bersahabat

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 50 Pengurus Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) se-Kecamatan Sumber Jaya dan 100 Pengurus Sibat se-Kecamatan Kebun Tebu Minggu 22 Oktober 2023 di lantik Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Barat

Pembina PMI Lampung Barat Parosil Mabsus yang hadir di dua acara tersebut mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Tidak semua Kabupaten di Provinsi Lampung yang telah terbentuk secara Mandiri adanya Sibat di pekon-pekon atau desa/kampung, kita bersyukur di Lampung Barat dibawah pimpinan Ketua PMI Pak Edi Novial, telah terbentuk Sibat," ujar Parosil Mabsus. 

Untuk itu dirinya berpesan kepada seluruh pengurus Sibat yang telah dikukuhkan untuk menjadi Pengurus yang baik dan bersahabat.

BACA JUGA:Insentif Marbot Hingga Imam Masjid di Pesisir Barat Sudah Terealisasi 8 Bulan

“Karena saudara-saudara Pengurus adalah cerminan Relawan Palang Merah yang dalam aktivitasnya mengedepankan prinsip-prinsip dasar Gerakan Palang Merah, yaitu Kemanusian (Humanity), Kesamaan (Impartiality), Kenetralan (Neutrality), Kemandirian (Independence) Kesukarelaan (Voluntary Service) Kesatuan (UNITY) dan Kesemestaan (University)," imbuhnya. 

Lebih lanjut mantan Bupati Lampung Barat periode 2017-2022 tersebut mengingatkan seluruh pengurus dan relawan PMI bahwa tugas mereka adalah memberikan pertolongan berdasarkan kemanusiaan, karena itu PMI harus bekerja tanpa membeda-bedakan suku bangsa, ras dan agama.

"PMI bekerja atas dasar kemanusiaan, tidak membeda-bedakan agamanya, sukunya, dari mana asalnya. Kita memberikan layanan yang sama, kita tidak memihak satu sama lain, contoh saat ini memasuki tahun politik tentu sangat bertentangan dengan Prinsip Dasar PMI bila ada yang membutuhkan donor darah atau ada yang kecelakaan kita selaku pengurus Sibat tidak memberikan bantuan hanya yang membutuhkannya berbeda pilihan dengan kita, bukan begitu cara kerja PMI," kata Parosil Mabsus. 

Sementara itu Ketua PMI Edi Novial mengungkapkan bahwa PMI Lampung Barat terus menjalankan program pemeriksaan Golongan Darah. 

BACA JUGA:Upacara Hari Santri di Pesisir Barat Berlangsung Khidmat

"Setiap ada yang membutuhkan donor darah, pasti berkomunikasi dengan Pengurus PMI Lampung Barat, alhamdulillah kita sudah ada data base golongan darah, baik itu dari para Sukarelawan PMI, Pengurus Sibat dan dari Masyarakat, sehingga kita bisa respon dengan baik bagi yang membutuhkan dengan telah diketahuinya golongan darah masyarakat yang ada," kata Edi Novial. 

Kegiatan Pelantikan dan Orientasi Pengurus Sibat untuk Kecamatan Sumberjaya berlangsung di GSG Bung Karno di mulai pukul 13.00 - 15.00 WIB dihadiri Camat Agus Hadi Purnama, sementara di Balai Pekon Yatama Pekon Tribudisyukur dimulai pkl 15.30 - 17.30 WIB dihadiri Camat Ernawati dan Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat.

Untuk Orientasi kepada Para pengurus Sibat disampaikan Ibu Cahyani Susilawati, SKM.MKes Ketua Bidang PSD dan Relawan, Agus Darma Putra Ketua Bidang Penanggulangan Bencana dan anggota duta suhanda, Sekretaris Vicky Andrias Fiqrulloh Wakil Sekretaris Ismawati dan Sulaiman.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: