Kapolri Perintahkan Gelorakan Deklarasi Pemilu Damai

Kapolri Perintahkan Gelorakan Deklarasi Pemilu Damai

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyaksikan ratusan orang dari organisasi kemasyarakatan dan pemuda (OKP) serta berbagai elemen masyarakat lainnya menyatakan deklarasi pemilu aman serta damai di Lapangan Rampal, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu 21.Oktober 2023.

Kapolri mengapresiasi semangat komitmen pemilu damai dari para OKP serta tokoh masyarakat juga tokoh agama yang menghadiri kegiatan tersebut di Lapangan Rampal.

Kepala Operasi Nusantara Cooling System 2023 hingga 2024 (Kaops NCS) Irjen Asep Edi Suheri menyampaikan, jika sebelumnya deklarasi pemilu damai dilakukan oleh para perwakilan partai politik di Lapangan Monas, Jakarta, kemarin. Namun kali ini dilakukan oleh organisasi kemasyarakatan juga pemuda baik dari pusat maupun daerah.

Ia menyampaikan, Bapak Kapolri serta Panglima TNI meminta kegiatan deklarasi pemilu damai ini dilaksanakan di wilayah-wilayah. Komitmen pemilu damai harus dari yang dipilih serta yang memilih.

BACA JUGA:Akibat Lilin, Dua Unit Sepeda Motor di Bengkel Chandra Motor Sport Way Mengaku Terbakar

Kemudian keseluruhan harus memiliki semangat yang sama untuk menjaga pemilu berjalan damai, meski masing-masing berbeda pendapat namun itu tidak menjadi masalah karena bagian dari demokrasi

Kapolri kata Irjen Asep Edi juga menginginkan Pemilu 2024 mendatang, masyarakat tidak terpecah belah, meski berbeda pendapat dan beda pilihan.

"Kematangan demokrasi kita kata Pak Kapolri bisa dilihat meski berbeda pendapat dan berbeda pilihan tidak berdampak pecahnya persatuan dan kesatuan. Karena itu semua harus menjaga pemilu berjalan dengan aman dan damai,” Ungkapnya Sabtu 21 Oktober 2023.

Lanjutnya, Kapolri juga berharap pemilu 2024 berjalan aman serta damai agar dapat menghasilkan pemimpin yang legitimate sah ini, bisa melanjutkan kepemimpinan untuk membawa Indonesia lebih maju hingga 2045.

BACA JUGA:Wakil Ketua TP-PKK Lampung Utara Hadiri Perayaan Ulang Tahun Desa Tanjung Raja yang ke-105

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono juga berharap pemilu 2024 berlangsung aman juga damai serta menegaskan soal netralitas Polri dan TNI dalam pemilu.

“Beliau juga menegaskan soal netralitas dalam pemilu 2024 merupakan kunci utama agar bisa melaksanakan serta menjaga pemilu yang aman baik juga lancar,” tandasnya.

Adapun pihak yang turut hadir dalam pembacaan ikrar pemilu damai dalam kegiatan kali ini yakni Ketua FKUB Kiai A Hamid Syarif, Ketua MUI Jatim KH Moh Hasan Mutawakkil ‘Alallah, Ketua Nahdlatul Ulama KH Marzuki Mustamar, Ketua PW Muhammadiyah Sukadiono, Ketua LDII Jatim Moch Amrodji Konawi, Ketua perguruan Silat Se-Jatim Supratomo.

Berikutnya Ketua serikat buruh se-Jatim Ahmad Fauzi, Ketua KNPI Adv Urip Prayitno, Ketua cipayung plus OKP dan BEM se-Jatim, Abdul Ghoni beserta 20 rekan lainnya, paguyuban seniman Jatim Lusiati Fauzie, Forum Rektor se-Jatim, Prof Mohammad Nasih (Rektor Unair), asosiasi UMKM, Influencer dan konten kreator.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: