Ketua PMI Lambar Edi Novial Lantik Pengurus Sibat Air Hitam dan Gedung Surian

Ketua PMI Lambar Edi Novial Lantik Pengurus Sibat Air Hitam dan Gedung Surian

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 100 Pengurus Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Kecamatan Air Hitam dan 50 Pengurus di Kecamatan Gedung Surian dilantik Edi Novial Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Barat Sabtu 21 Oktober 2023.

"Dengan telah di dilaksanakannya Pelantikan sekaligus orientasi Sibat ini harapannya para pengurus bisa membangun komunikasi dengan PMI Kecamatan dan PMI kabupaten jika sewaktu waktu terjadi bencana," kata Edi Novial.

Edi menegaskan salah satu  komitmen Kabupaten Lampung Barat adalah Kabupaten Tangguh Bencana maka para pengurus Sibat setelah menerima orientasi akan paham apa yang seharusnya dilakukan ketika terjadi bencana.

Lanjut dia, Lampung Barat adalah salah satu kabupaten yang rawan bencana alam  terutama pada musim hujan adalah bencana banjir, angin puting beliung dan tanah longsor.

BACA JUGA:Pramuka Kwarran Balik Bukit Gelar Training Center Bagi Peserta Raimuna

Menurut Edi, PMI Lampung Barat telah mengantisipasi kerawanan tersebut, salah satunya dengan membentuk Sibat di 136 Pekon/Desa/Kelurahan di seluruh Kabupaten Lampung Barat.

Pengurus Sibat Air Hitam adalah yang pertama dilantik, kemudian dilanjutkan dengan pelantikan pengurus Kecamatan Gedung Surian.

Lebih lanjut Edi Novial menyatakan bahwasanya PMI berharap setelah berakhirnya orientasi tersebut para pengurus Sibat akan membawa pulang 3 hal yaitu : Knowledge (Pengetahuan), Skill (keterampilan) dan Attitudes (Perilaku), yang dalam hal ini perilaku yang mencerminkan Prinsip Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah.

Pelantikan Pengurus Sibat Kecamatan Air Hitam dan Gedung Surian tersebut diisi orientasi tentang Kepalangmerahan oleh Sekretaris Vicky Andrias Fiqrulloh, Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Agus Darma Putra dan Anggota duta suhanda dan Anggota Unit Korps Sukarrla KSR-PMI Meriyansyah, Doni Irawan dan lain lain. 

BACA JUGA:Life Skill Sekolah Lansia bersama PD Salimah Lampung Barat

Di Balai Kemasyarakatan Pekon Sumber Alam Kecamatan Air Hitam tampak hadir Camat Bambang Hermanto, Kepala Puskesmas Nurbaiti, peratin M Husain dan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, sementara di Balai Pekon Puramekar Gedung Surian tampak hadir Sekcam Narsan, Peratin Puramekar Anderi, Kepala Puskesmas Gedung Surian Asminuddin.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: