Selama 6 Bulan Jumlah KPM Bansos BPNT di Pesisir Barat Berkurang 144

Selama 6 Bulan Jumlah KPM Bansos BPNT di Pesisir Barat Berkurang 144

Ilustrasi bansos--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas Sosial (Dinsos), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mencatat jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di kabupaten setempat mengalami penurunan setiap periode penyaluran.

Kabid Pemberdayaan Sosial, Dyka Feriansyah., mendampingi Kadis Sosial Pesbar, Agus Triyadi, S.Ip, M.M., mengatakan penyaluran Bansos BPNT hingga kini telah dilaksanakan sampai bulan Juli dan Agustus, dimana penyaluran Bansos itu dilakukan setiap dua bulan.

“Setiap penyaluran jumlah KPM penerima Bansos BPNT mengalami pengurangan, hal itu dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari tidak layak menerima bansos, pindah alamat, data tidak ditemukan dan faktor lainnya,” kata dia.

Dijelaskannya, setiap periode penyaluran tidak pernah sampai 100 persen, bahkan setiap bulan pasti ada Bansos yang tidak tersalurkan ke KPM penerima, progres paling tinggi mencapai 98 persen.

BACA JUGA:Dalam Sepekan, 2 Peristiwa Kebakaran Terjadi di Pekon Rawas

“Pada periode Januari hingga Juni jumlah pengurangan KPM Bansos BPNT itu mencapai 144 KPM, dimana pada periode januari jumlah KPM sasaran sebanyak 17.083 dan pada bulan Juni sebanyak 16.939,” jelasnya.

Menurutnya, dalam penyaluran Bansos tersebut dilaksanakan melalui Bank BRI dan Kantor Pos, jadi KPMK yang menerima dana bantuan melalui Bank BRI bisa datang langsung ke kantor Bank atau melalui Brilink, sedangkan yang melalui Kantor Pos datang langsung ke Kantor Pos sesuai jadwal yang ditetapkan.

“Penyaluran hingga kini masih tetap melalui Bank BRI dan Kantor Pos, masyarakat bisa melakukan pengambilan dana bantuan langsung melalui dua lembaga itu,” terangnya.

Ditambahkannya, dalam pelaksanaan penyaluran Bansos BPNT hingga kini masih terus berlangsung, pihaknya hanya bisa memantau berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Bank BRI dan Kantor Pos.

BACA JUGA:PPPK Formasi Apoteker di Lampung Barat Nihil Pelamar

“Penyaluran Bansos itu langsung dari pusat, jadi kita hanya menerima laporan terkait pelaksanaan penyaluran dan realisasi penyaluran yang telah dilaksanakan,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: