Ternyata Ini Penyebab Pasar Tanah Abang Sepi

Ternyata Ini Penyebab Pasar Tanah Abang Sepi

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Setelah TikTok Shop ditutup, pedagang Pasar Tanah Abang saat ini mulai meminta pemerintah untuk turut menutup Lazada dan Shopee karena toko mereka yang masih sepi pengunjung.

Penutupan platform e-commerce, seperti Shopee, Lazada, dan lainnya ini dinilai bukan solusi yang tepat untuk mengatasi sepinya pembeli di pasar tradisional dan pusat grosir, seperti di Pasar Tanah Abang.

Tesar Sandikapura Ketua Umum Indonesia Digital Empowerment Community (Idec) menilai solusi yang ditawarkan para pedagang Tanah Abang ini bukan solusi yang tepat.

“Dengan kasus yang terjadi ini terjawablah sudah. Masalah penjualan offline tidak ada sama sekali hubungannya dengan penjualan online karena perilaku masyarakat yang saat ini sudah berubah,” ujar Tesar.

BACA JUGA:Segini Nominal yang Akan Diterima Pensiunan PNS Golongan I, II, III, IV dari PT Taspen

Fenomena sepinya pasar tradisional, pusat grosir justru ini karena gaya hidup dan belanja masyarakat yang sudah berubah. 

Masyarakat saat ini cenderung malas keluar dari rumah untuk membeli suatu barang sehingga mereka lebih memilih untuk membeli barang secara online. Dan faktor lainnya adalah daya beli masyarakat juga saat ini tidak sebesar sebelum terjadinya pandemi Covid-19.

“Masyarakat sudah lebih berhemat sehingga mereka tidak membeli barang-barang sekunder,” ucap Tesar. 

Jika penjual di Tanah Abang sudah berusaha dan mencoba merambah ke e-commerce, tetapi masih tidak laku, ini juga bukan kesalahan platform e-commerce. 

BACA JUGA:Ini Penjelasan Mengenai TikTok Shop akan Dibuka Kembali di Indonesia

Memang dengan kehadiran e-commerce, para pedagang makin besar dan pasar semakin luas. Sehingga persaingan usaha akan lebih luas dan tidak terbendung. 

Para pelanggan juga akan cenderung melihat mana yang lebih murah, mudah, dan dekat.  

“Yang tadinya ada 10 orang sekarang jadi 100 orang, yang pastinya omzet penjual pasti turun karena akan dibagi rata,” ujar Tesar. 

Pedagang Pasar Tanah Abang saat ini meminta untuk pemerintah ikut turut menutup Lazada dan Shopee setelah penutupan TikTok Shop. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: