Pekan Raya Lampung, Kementerian dan APINDO Berkunjung ke Anjungan Lampung Barat

Pekan Raya Lampung, Kementerian dan APINDO Berkunjung ke Anjungan Lampung Barat

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Anjungan kantor perwakilan Kabupaten Lampung Barat di PKOR Way Halim, Kota Bandar Lampung dikunjungi dua kementerian dan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) pada Pekan Raya Lampung (PRL) yang diselenggarakan oleh Pemprov Lampung bekerjasama dengan APINDO selama 16 hari, tepatnya sejak tanggal 6 hingga 21 Oktober 2023 mendatang.

Dua kementerian yang berkunjung ialah Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (MenKopUKM) Dr. Yulius MA dan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Dr. Budi Santoso, M.Si., yang tujuannya ialah untuk melihat secara langsung potensi-potensi keunggulan yang dimiliki Kabupaten Lampung Barat, mulai dari sisi pariwisata, budaya, hingga hasil UMKM melalui gambaran di dalam Anjungan.

Kehadiran kedua Kementerian pada Minggu malam (8 Oktober 2023) tersebut didampingi Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Nasional Shinta W Kamdani dan Ketua APINDO Lampung Ary Meizari Alfian yang merupakan mitra kerja atas terselenggaranya PRL dengan melibatkan seluruh Kabupaten/Kota se-Lampung.

Tepat di malam ketiga kegiatan PRL, malam itu menjadi malam spesial bagi Kabupaten Lampung Barat. Pasalnya, di malam itu Kabupaten Lampung Barat mengadakan sejumlah rangkaian kegiatan dengan mengusung tema "One Night atau satu malam bersama budaya Lampung Barat".

BACA JUGA:Data Sementara, Pendaftar PPPK di Lampung Barat Tembus 1.106 Orang

Tentunya, hal tersebut menjadi ladang promosi yang memang layak dipamerkan kepada pihak kementerian dan seluruh masyarakat, bahwa kabupaten Lampung Barat  memiliki kekayaan kebudayaan asli dan masih terlestari hingga saat ini.

Tampak di halaman Anjungan tersebut ditampilkan seni kebudayaan, seperti orkes gambus Lampung, tari sembah batin, gambus tunggal, nyambai, tari-tari kreasi seperti Sekura hingga tradisi talent asli Lampung Barat.

Terlihat, dari pihak kementerian dan APINDO sangat menikmati kebudayaan yang ditampilkan, hingga mereka ikut serta melakukan tarian Nyambai bersama dengan gerakan khasnya, yang didampingi langsung oleh Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, M.M dan sejumlah pejabat daerah Lampung Barat secara berpasangan.

Selain itu, keunikan suara dari orkes gambus yang dimainkan mengundang penasaran para pengunjung PRL yang berlalu lalang, hingga mereka tertarik untuk menyaksikan penampilan orkes gambus di halaman Anjungan.

BACA JUGA:Inspektorat Lampung Barat Lakukan Monev APBP di Kecamatan Air Hitam

Para pengunjung dari berbagai daerah yang menyaksikan kebudayaan itu, semakin dibuat betah di lingkungan Anjungan. 

Sebab, di Anjungan Lampung disediakan 1000 gelas cup kopi robusta asli pertanian Lampung Barat yang siap diseruput para pengunjung secara gratis.

“Melalui kegiatan PRL ini, kita mempromosikan dan memperkenalkan potensi Lampung Barat ke kancah nasional maupun internasional dengan gagasan menyandingkan antara kopi dan budaya,” ungkap Pj Bupati Nukman.

Perlu diketahui bahwa, Kabupaten Lampung Barat merupakan kabupaten penghasil kopi tersebar di Lampung, hingga menjadikan Provinsi Lampung sebagai produsen kopi terbesar kedua di Indonesia setelah Provinsi Sumatera Selatan dengan kontribusi sebesar 17,44% dari total produksi nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: