Bagi yang Belum Paham Apa Itu KUR BRI? Berikut Ini Penjelasannya

Bagi yang Belum Paham Apa Itu KUR BRI? Berikut Ini Penjelasannya

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kerdid Usaha Rayat (KUR) Bank Rayat Indonesia (BRI) merupakan kredit modal kerja kepada debitur yang memiliki usaha layak dan produktif dengan plafon yang ditetapkan dan suku bunga yang lebih rendah sebesar 6 persen per tahun atau dengan suku bunga flat yang setara.

BRI telah memulai menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada tahun 2023.

Namun jika sudah pernah meminjam lebih dari satu kali, maka suku bunga yang dibebankan ke nasabah akan lebih tinggi. Tingkat suku bunga akan naik menjadi 7% saat mengambil pinjaman KUR yang kedua kalinya. Kemudian naik 8% untuk pinjaman yang ketiga dan seterusnya sampai ke 9%.

Program KUR secara resmi telah diluncurkan sejak tanggal 5 November tahun 2007 lalu. Dana yang disalurkan untuk program KUR bersumber dari dana perbankan atau lembaga keuangan untuk program tersebut.

BACA JUGA:Berikut Daftar UMKM Prioritas Penerima KUR Mandiri Tahun 2023, Bisa Cair Rp 100 Juta

Bank Rakyat Indonesia telah menerima jatah alokasi penyaluran KUR 2023 sebanyak Rp 270 triliun.

Untuk masyarakat sendiri, ada empat jenis KUR yang dapat dimanfaatkan. Jenis tersebut diantaranya pinjaman modal dan kredit investasi, target program pemilik bisnis perseorangan dengan maksimal pinjaman hingga Rp 500 juta, bunga rendah sebab telah disubsidi pemerintah, serta bebas biaya administrasi.

KUR BRI merupakan program pemerintah dalam membantu masyarakat untuk meningkatkan usahanya mereka.

KUR BRI dilakukan untuk menstabilkan perekonomian masyarakat serta perekonomian secara nasional.

BACA JUGA:Simak Pengertian Tentang KUR BRI, Sasaran Pelaku UMKM

Diharapkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM dapat mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan bantuan dana dari pemerintah melalui program KUR yang disalurkan melalui BRI.

Untuk mengajukan KUR BRI sendiri bisa dilakukan secara online melalui website resmi BRI https://www.bri.co.id/ atau datang langsung ke Kantor Cabang BRI terdekat.

Dikutip Potensi Bisnis.com dari laman bri.co.id, berikut ini jenis pinjaman KUR BRI Oktober 2023 beserta syarat pengajuannya, antara lain:

KUR Mikro Bank BRI

BACA JUGA:Pinjaman KUR Mandiri Rp 25 Juta, Angsuran hanya 700 Ribuan

1. Maksimal pinjaman sebesar Rp50 juta per pelaku usaha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: