Ustadz Adi Hidayat, Berbagi ke Tetangga Itu Amalan Sholeh dari Nabi Muhammad SAW

Ustadz Adi Hidayat, Berbagi ke Tetangga Itu Amalan Sholeh dari Nabi Muhammad SAW

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pentingnya berbagi ke orang-orang di sekitar seperti pada tetangga. Ini amal sholeh yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umat muslim.

Ustadz Adi Hidayat mengingatkan bahwa penting berbagi seperti berupa makanan yang diperintahkan dalam Islam.

Sedekah adalah pemberian harta, materi berupa apapun untuk orang-orang fakir, yang membutuhkan, ataupun pada pihak-pihak lain yang berhak untuk menerima sedekah.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan tentang anjuran Nabi Muhammad SAW yaitu bersedekah makanan terutama kepada orang yang ada di sekitar rumah atau tetangga.

BACA JUGA:Klik DISINI! Klaim Saldo DANA Kaget Edisi 1 Oktober 2023 Hingga Rp 46 Ribu

"Sesuai dengan contoh yang dilakukan Nabi Muhammad SAW, beliau berkata walaupun hanya masak kuah saja, jika baunya sampai ke tetangga, maka sebaiknya berikan kuah tersebut, agar supaya tetangga tidak salah paham, sebab saat ini banyak dijual bumbu-bumbu, seperti opor namun yang dimasak tempe," ucap Ustadz Adi Hidayat.

Berbagi kepada siapa saja termasuk kepada non muslim, hendaknya dilakukan pada sebelum orang-orang itu meminta.

"Itu keindahan dalam Islam, Allah memerintahkan untuk berbagi dan Rasulullah SAW mengajarkannya pada umat Islam," terang Ustadz Adi Hidayat.

Sama halnya seperti hadist yang menyatakan tentang untuk berbagi buah ketika pohonnya sudah memasuki wilayah tetangga.

BACA JUGA:Berikut Jenis dan Cara Mengajukan KUR BRI 2023

Pohon mangga ini misalnya, yang sudah menjulur ke pekarangan tetangga atau jalan raya maka itu statusnya milik bersama.

"Jika ada seseorang menanam pohon buah dan pohonnya yang keluar memasuki wilayah jalan umum atau tetangga, maka jangan protes jika diambil orang karenanya itu hak berbagi, atau kalau misalnya buah dari pohon milik kita ke tetangga jangan sampai tetangga itu meminta, sebaiknya antarkan terlebih dulu, atau beri pesan agar langsung saja petik jika sudah matang di pohon, karena sudah menjadi haknya," jelas Ustadz Adi Hidayat.

Hal itu juga turut berlaku tidak hanya sesama muslim namun juga non muslim, jika orang non muslim bertanya tentang itu maka hendaknya untuk menjelaskan bahwa ketentuan itu perintah dari Allah SWT.

Sehingga dengan siapapun kaum muslimin itu dapat berdamai dan dapat berdakwah dengan penuh ketenangan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: