Guncangan Gempa Terasa Kuat di Lampung Barat, BPBD: Selalu Waspada

Guncangan Gempa Terasa Kuat di Lampung Barat, BPBD: Selalu Waspada

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Getaran Gempa bumi berkekuatan 4,9 skala richter (SR) yang mengguncang wilayah Kabupaten Pesisir Barat pada Selasa malam (19 September 2023) sekitar pukul 19.16 WIB terasa kuat sampai di Lampung Barat.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi tektonik berkekuatan 4,9 magnitudo terletak pada koordinat 5.40 LS dan 103.60 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 43 kilometer Barat Daya Pesisir Barat, pada kedalaman 38 kilometer.

BACA JUGA:Gempa Bumi Berkekuatan 4,9 Magnitudo di Pesisir Barat Terasa Hingga Lampung Barat

Meski terasa cukup kuat di Lambar, namun pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat belum menerima adanya laporan dampak bencana tersebut.

“Sejauh ini untuk wilayah Lampung Barat hanya terdampak getaran saja, belum di temukan laporan kerusakan,” ujar Kepala BPBD Lambar Padang Priyo Utomo.

BACA JUGA:Jenazah Perempuan Anonim yang Ditemukan di Negeri Ratu Dimakamkan, Ini Hasil Visumnya

Kendati demikian, Padang mengimbau masyarakat agar selalu waspada, mengingat Lampung Barat merupakan daerah yang berada tepat di atas patahan gempa atau dikenal dengan istilah 'sesar semangko'.

"Daerah kita merupakan daerah rawan bencana termasuk gempa bumi, jadi semua harus selalu waspada dan dari kami sosialisasi dan mitigasi juga sering dilakukan agar masyarakat dapat memahami langkah-langkah yang harus dilakukan apabila sewaktu-waktu terjadi gempa bumi atau bencana alam lainnya guna mengurangi risiko,” kata dia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: