Pinjaman Lewat Paylater Jangan Sampai Nunggak Angsuran Jika Tidak Ingin Terjadi Seperti Ini

Pinjaman Lewat Paylater Jangan Sampai Nunggak Angsuran Jika Tidak Ingin Terjadi Seperti Ini

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bagi Anda yang melakukan pinjaman online (pinjol) paylater, harus tetap waspada dan berhati-hati, jangan sampai mengalami macet pembayaran. Sebab, akan berdampak kepada OJK yang tak terduga.

Karenanya, bagi yang kerap mengambil kesempatan program pinjol kemudian  macet pembayaran bisa berdampak pada banyak hal.

Diantaranya, bakal tercatat pada Otoritas Jasa Keuangan, juga akan terintegrasi dengan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK.

Apabila hal tersebut terjadi maka peserta akan mengalami kesulitan ketika mengajukan untuk fasilitas kredit yang diberikan oleh perbankan kepada para nasabah perorangan yang akan membeli atau memperbaiki rumah.

BACA JUGA:Bulan Ini Nasabah Bank Mandiri Bisa Ajukan KUR Rp100 Juta Tanpa Agunan, Bunga Cuma 6 Persen

Seperti yang diterangkan Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi mengatakan, meski pinjol itu nilainya hanya kecil, Rp 300 atau Rp 400 ribuan saja, namun itu tetap akan meninggalkan jejak buruk saat macet pembayarannya.

Ia menyebut, tunggakan pinjol BNPL alias utang paylater yang mungkin nilainya tak seberapa, namun jika telah menunggak dampaknya menimbulkan credit score jadi buruk.

Ia menambahkan dampak besarnya sudah terlihat pada kalangan anak-anak muda yang rajin melakukan pinjol pay later.

Friderica menerangkan, beberapa bank kemarin ada yang mengeluh ke kami OJK, anak-anak muda banyak yang harusnya ngajuin KPR rumah pertama, tapi tidak bisa karena ada utang di paylater.

BACA JUGA:5 Trik Jitu LOLOS Seleksi Administrasi CPNS 2023

Selain itu ada juga di antara anak muda yang melakukan pinjol saat mau melunasi tunggakannya sudah tutup, masih gantung, hendak dihubungi susah dan berbagai macam alasan lainnya, ini kemudian akan menimbulkan kegiatan.

“semuanya harus berhati-hati sebab kejadian-kejadian ini nyata di sekitar masyarakat," ungkapnya Rabu 6 September 2023.

Selain itu bagi yang sudah terlilit pinjol akan mengalami kesulitan mencari Pekerjaan

Jadi ga cuma susah untuk mendapatkan rumah KPR tapi juga akibat dari credit score buruk. juga bisa menyulitkan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: