Berikut Penyebab Bearing Roda Motor Cepat Rusak, Ini Resikonya Apabila Tidak Cepat Diganti

Berikut Penyebab Bearing Roda Motor Cepat Rusak, Ini Resikonya Apabila Tidak Cepat Diganti

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Salah satu komponen sepeda motor yang sering mengalami kerusakan adalah bearing roda.

Bila komponen ini rusak, maka laju kendaraan menjadi tidak nyaman bahkan menimbulkan bunyi ketukan cukup keras ketika melaju di jalan tidak rata.

Bearing roda adalah salah satu komponen penting pada sepeda motor  ataupun mobil yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antara poros roda dengan velg.

Bearing roda yang aus akan membuat roda menjadi tidak stabil dan menimbulkan bunyi saat berputar. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan bearing roda cepat aus, di antaranya :

BACA JUGA:Berikut Daftar Lengkap UMP Seluruh Indonesia Tahun 2023, Lampung Urutan Berapa?

 -Kondisi jalan yang tidak rata

Bearing roda akan lebih cepat aus jika sering melewati jalan yang tidak rata, seperti jalan berlubang atau bergelombang. Hal ini karena bearing roda harus bekerja lebih keras untuk menopang beban kendaraan dan menahan guncangan dari jalan yang tidak rata.

 -Pelumasan yang tidak memadai

Bearing roda juga perlu dilumasi secara berkala agar dapat bekerja dengan optimal. Jika pelumasan tidak memadai, bearing roda akan cepat aus karena tidak dapat didinginkan dan dibersihkan dari kotoran.

BACA JUGA:Polres Pesisir Barat dan Polda Lampung Dipraperadilankan Oleh Tersangka Bentrok di Lahan Sawit PT KCMU

 -Kemasukan air dan kotoran

Bearing roda yang kemasukan air dan kotoran akan cepat aus karena akan menimbulkan karat dan keausan pada bearing. Hal ini dapat terjadi jika karet pelindung bearing robek atau aus.

 -Benturan keras

Bearing roda juga dapat cepat aus jika sering mengalami benturan keras, seperti saat terjatuh atau menabrak lubang. Benturan keras akan membuat bearing roda menjadi rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: