Hadapi Puncak El Nino, Masyarakat Diminta Waspadai Penyakit ISPA

Hadapi Puncak El Nino, Masyarakat Diminta Waspadai Penyakit ISPA

Kepala UPT Puskesmas Batubrak Nezwan S.K.M--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat melalui UPT Puskesmas meminta agar masyarakat mewaspadai penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) dalam menghadapi puncak musim kemarau atau fenomena El Nino yang puncaknya diprediksi terjadi pada September 2023 mendatang.

Masyarakat diharapkan dapat menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), mencukupi kebutuhan air putih minimal delapan gelas dalam sehari serta mengonsumsi makanan yang bergizi serta buah-buahan dan sayuran untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

BACA JUGA:Pinjam Saldo DANA Rp 1 Juta, 5 Menit Langsung Cair

Kepala UPT Puskesmas Batubrak Nezwan S.K.M, mengatakan, memasuki puncak musim kemarau sebagai dampak dari fenomena El Nino, masyarakat sangat rentan akan penyakit ISPA. Meski jumlah penderitanya belum terlalu signifikan, namun pihaknya telah beberapa kali menangani pasien ISPA.

"Ya ada beberapa pasien kita yang mengalami ISPA dengan gejala di antaranya hidung tersumbat atau Flu, batuk kering, demam ringan, sakit tenggorokan disertai sakit kepala. Ini tentunya harus diantisipasi dengan menerapkan PHBS," ujarnya.

BACA JUGA:Melihat dari Dekat Pesona Keindahan Wisata Wakatobi

Karena dengan menerapkan PHBS, minum air mineral yang cukup, menjaga kebersihan lingkungan serta mengonsumsi makanan bergizi pihaknya meyakini masyarakat tidak akan mudah terserang ISPA.

"Di puskesmas setiap tahun penyakit ISPA ini memang masuk kategori tertinggi jumlah penderitanya jika dibandingkan beberapa jenis penyakit lainnya. Penyakit ini tentu berbahaya untuk anak-anak maupun orang dewasa apalagi karena bisa merambat pada pneumonia," jelasnya.

BACA JUGA:7 Mata Uang dengan Nilai Tukar Tertinggi di Dunia

Untuk mengantisipasi bertambahnya penderita ISPA akibat fenomena El Nino ini pihaknya juga mengoptimalkan penyuluhan dan promosi kesehatan untuk pencegahan penyakit menular maupun penyakit tidak menular.

Selain itu ia juga mengimbau masyarakat agar segera melakukan pemeriksaan kesehatan ke puskesmas terdekat apabila mengalami gejala penyakit tersebut agar dapat segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: