Presiden Jokowi Memberi Arahan untuk Mengantisipasi Dampak El Nino

Presiden Jokowi Memberi Arahan untuk Mengantisipasi Dampak El Nino

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - El Nino yang memicu kekeringan belum berdampak terhadap kenaikan harga pangan, dengan begitu saat ini pemerintah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi menghadapi potensi bencana.

Hal tersebut disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) usai meninjau Pasar Sukaramai, Kota Medan, seperti dikutip melalui YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu 19 agustus 2023.

Ia memastikan fenomena El Nino yang memicu kekeringan belum berdampak terhadap kenaikan harga pangan. 

"Hingga saat ini belum namun semuanya memang harus diantisipasi," ungkapnya.

BACA JUGA:Buset, Kekeringan Meluas di Indonesia Akibat Fenomena El Nino

Jokowi menyebut untuk saat ini, pemerintah memperbesar impor komoditas pangan untuk cadangan strategis. Dengan begitu, gejolak harga yang diantisipasi.

"Untuk tahun ini kita impor kita perbanyak demi cadangan strategis agar gejolak harga tidak sampai meningkat drastis," Kata dia.

Pihaknya melakukan pengecekan harga komoditas pangan di Pasar Sukaramai, Kota Medan pada hari ini.

Hasilnya kunjungan tersebut, Jokowi justru mendapati harga pangan seperti bawang merah maupun telur yang dengan harga yang sedang.

BACA JUGA:Ini Penjelasan BMKG Soal Kapan El Nino Berakhir

"Saya hanya ingin melihat kondisi harga-harga. Saya lihat harganya sangat baik, seperti bawang merah hanya Rp 24 ribu kemudian telur saya tanya sekilo Rp 22 sampai 27 ribu. Itu harga yang cukup baik," Kata dia.

Jokowi mengapresiasi program pasar keliling yang dilakukan oleh pemerintah setempat. Jokowi meyakini program tersebut dapat menurunkan laju inflasi di kota maupun provinsi di indonesia.

"Yang saya senang ada juga pasar keliling, pasar lurah keliling yang kira-kira bisa turunkan harga untuk beras, minyak, gula, karena ini program baik dalam rangka menurunkan inflasi di kota ataupun provinsi," Ucapnya

Seperti yang diberitakan sebelumnya Presiden Joko Widodo meminta jajaran di tingkat pusat hingga daerah untuk memperbanyak kegiatan pasar murah. Hal itu dilakukan untuk antisipasi terhadap fenomena El Nino tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: