Pemprov Lampung Gelar Gerakan Posyandu Aktif di Pesisir Barat

Pemprov Lampung Gelar Gerakan Posyandu Aktif di Pesisir Barat

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Provinsi Lampung, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), melaksanakan gerakan posyandu aktif, yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Pantai Labuhan Jukung, Kecamatan Pesisir Tengah, Jumat 11 Agustus 2023.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Pesbar Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H, M.H., Wakil Bupati Pesbar Ahmad Zulqoini Syarif, S.H., Kadiskes Lampung Reihana., Plt. Sekda Pesbar Drs. Jon Edwar, M.Pd., kepala OPD dan masyarakat Kabupaten Pesbar.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Zulqoini Syarif mengatakan, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Pelaksanaan germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian,” kata dia.

BACA JUGA:Warga Bukit Kemuning Keluhkan Pencemaran Akibat Limbah Tahu-Tempe

Selanjutnya, untuk mensukseskan germas peran lintas sektor sangatlah penting, di era yang terus berkembang akan adanya pola hidup masyarakat yang serba instan sehingga akan menurunkan standar kesehatan masyarakat provinsi lampung umumnya dan kabupaten pesisir barat khususnya. 

“Perubahan gaya hidup masyarakat menjadi salah satu penyebab terjadinya pergeseran pola penyakit dalam 30 tahun terakhir. Pergeseran pola penyakit ini mengakibatkan beban pada pembiayaan kesehatan pemerintah,” jelasnya.

Kemudian, sejalan dengan konsep Germas, pada saat ini pemerintah terus berupaya melakukan penanganan masalah kesehatan yang  merupakan program prioritas nasional, seperti penurunan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB), menurunkan angka stunting pada balita, memperbaiki pengelolaan jaminan kesehatan nasional (JKN), serta meningkatkan kemandirian penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri.

“Pemerintah Kabupaten Pesbar saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada enam pilar meliputi transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan,” terangnya.

BACA JUGA:Gubernur Arinal Ajak Alumni IPDN Kobarkan Semangat Membangun Daerah dan Harumkan Nama Provinsi Lampung

Menurutnya, Posyandu merupakan lembaga kemasyarakatan desa/kelurahan (LKD/LKK) sebagai wadah partisipasi masyarakat yang bertugas membantu kepala desa/lurah dalam peningkatan pelayanan sosial dasar termasuk bidang kesehatan. 

“Peran Posyandu di tengah masyarakat sangatlah besar, meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan posyandu dan manfaatnya ternyata tidak hanya sebatas itu. Kedepannya posyandu diperuntukkan untuk seluruh sasaran siklus hidup, seperti ibu hamil dan menyusui, bayi dan balita, usia sekolah dan remaja, serta usia produktif dan lanjut usia,” tambahnya

Melalui posyandu, layanan sosial dasar bidang kesehatan untuk seluruh siklus hidup menjadi lebih dekat ke masyarakat. Posyandu menjadi pelayanan kesehatan terdepan sebagai upaya pencegahan stunting.

“Melalui program-program kesehatan seperti pemeriksaan tumbuh kembang anak, pemberian obat pencegahan massal cacingan, penanggulangan diare, sanitasi dasar, peningkatan gizi, edukasi kesehatan dan pemberian makanan tambahan berbahan baku lokal,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: