Polusi Udara Sangat Berbahaya, Lakukan 8 Tips Ini untuk Menjaga Tubuh Kamu Tetap Sehat

Polusi Udara Sangat Berbahaya, Lakukan 8 Tips Ini untuk Menjaga Tubuh Kamu Tetap Sehat

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - dr. Feni Fitriani, Sp.P(K) merupakan Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan, Konsultasi Paru Kerja dan Lingkungan memberi tips guna menjaga kesehatan tubuh sehingga bisa terhindar dari bahayanya polusi udara.

Sekadar diketahui, polusi udara merupakan suatu masalah yang tidak dapat dihindari dan bukan hanya terjadi di Indonesia melainkan di berbagai negara di dunia.

Polusi udara atau pencemaran udara disebabkan oleh gas dan partikel, seperti gas karbon monoksida (CO), sulfur dioksida (SO2), ozon (O3), asap kendaraan, asap pabrik, hingga asap rokok pun ikut berperan.

Apabila seseorang sering terpapar polusi udara maka tentunya lama-kelamaan akan berdampak pada kesehatannya, hingga pada kesempatannya dapat menimbulkan penyakit jangka panjang maupun jangka pendek.

BACA JUGA:Parosil Dampingi Putrinya Terima Bantuan Seragam TPA Program DD Pekon Purawiwitan

Penyakit jangka panjang itu contohnya, PPOK, asma, gangguan fungsi paru, kardiovaskuler, gangguan pembuluh darah, hingga risiko terjadinya kanker.

Sementara penyakit jangka pendek, seperti batuk, sakit tenggorokan, hingga pilek yang terjadi secara terus-menerus.

dr. Feni kemudian membagikan bagikan sejumlah tips guna menjaga kesehatan tubuh sehingga dapat terhindar dari dampak buruk polusi udara.

1. Manfaat menggunakan masker

Memakai masker ternyata memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan.

BACA JUGA:Korban Penganiayaan ASN BKD Lampung Masih Dirawat, Ini Penjelasan Pihak Keluarga

Karena selain melindungi dari paparan virus, seperti Covid-19, ternyata memakai masker juga bisa menjaga kesehatan dari hantaman buruknya polusi udara.

dr. Feni Fitriani menjelaskan, masker yang digunakan bisa saja terbuat dari kain maupun masker medis.

Namun, untuk penggunaan masker kain harus rajin dicuci setelah digunakan, maupun secara rutin mengganti masker. Demikian juga halnya masker media.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: