Tingkatkan Perekonomian Petani, Pemdes Banjar Agung Bangun Jalan Pertanian

Tingkatkan Perekonomian Petani, Pemdes Banjar Agung Bangun Jalan Pertanian

--

LAMSEL, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya para petani, melalui anggaran Dana Desa dari program ketahanan pangan Pemerintah Desa Banjar Agung Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan laksanakan pembangunan jalan usahanya tani berupa Peningkatan Jalan Lapen, Senin 7 Agustus 2023.

Diketahui bahwa peningkatan jalan lapen tersebut menggunakan Anggaran Dana Desa 2023 dari program ketahanan pangan, dimana pembangunan ruas jalan pertanian itu dilaksanakan di jalan poros dusun III menuju dusun I dengan volume Panjang 473 meter serta Lebar 3 meter dan menelan dana Rp.123.990.000.

Kepala Desa Banjar Agung Lelawati, S.E., mengatakan, pembangunan jalan usaha tani diharapkan bisa membantu para petani dalam mengangkut hasil bumi.

"Peningkatan lapen di ini juga untuk mendukung program ketahanan pangan. Sebab, jalan ini sering digunakan untuk mengangkut kebutuhan petani hingga mengangkut hasil panen,” ungkap Lelawati.

BACA JUGA:Kehadiran PJS Riau Direspon Positif, Martin : Mari Kita Bangun Sinergitas

Masih menurutnya, selain itu bertujuan agar akses sehari-hari warga semakin lancar, termasuk melancarkan perekonomian. 

Sebab, tidak dipungkiri, kondisi jalan yang rusak akan mempersulit akses.

“Harapan kami, dengan adanya peningkatan jalan lapen ini, warga semakin nyaman beraktivitas dan bekerja, termasuk bagi para petani lebih mudah dan lancar dalam mengangkut hasil pertaniannya," harapnya. 

Lanjutnya, Lelawati menambahkan bahwa program ketahanan pangan selain peningkatan jalan lapen ini pemerintah desa juga memiliki ketahanan pangan hewani seperti pemberian bantuan kambing, Bibit ikan dan pakan ikan serta pengadaan bibit seperti cabe, terong dan bawang.

BACA JUGA:Perilaku Jorok Lukas Enembe Dikeluhkan 20 Tahanan KPK Lainnya

Sementara Camat Jati Agung Firdaus Adam menangkap dengan baik dan mengapresiasi yang dilakukan oleh pemerintah Banjar Agung.

"Apresiasi untuk desa banjar agung untuk pembangunan jalan ketahanan pangannya semoga bermanfaat untuk masyarakat desa banjar agung," ungkap mantan Camat Katibung melalui WhatsApp.

Senada juga diungkapkan oleh Kasi Ekobang Andi Dharmawan mengatakan semoga jalan ini bisa menunjang dan memudah para petani dalam mengangkut hasil tani 

"Semoga pembangunan jalan lapen tersebut dapat menunjang mobilisasi hasil pertanian sehingga dapat memudahkan para petani untuk membawa hasil pertanian nya dan dapat meningkatkan pendapatan para petani," ungkapnya melalui pesan WhatsApp.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: