Kegiatan Baksos TMKK, DP2KBP3A Lampung Barat Targetkan Pelayanan 1.176 Akseptor

Kegiatan Baksos TMKK, DP2KBP3A Lampung Barat Targetkan Pelayanan 1.176 Akseptor

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Lampung Barat bekerjasama dengan Kodim 0422/LB menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) tahun 2023 mulai Rabu-Senin (26-31 Juli 2023)

“Untuk tahun ini kita melaksanakan kegiatan bakti sosial TNI Manunggal KB Kesehatan dalam upaya pencegahan dan penurunan angka stunting di Kabupaten Lampung Barat,” kata Kabid Pengendalian Penduduk Sopan Sopian, S.I.P, M.M mendampingi Kepala DP2KBP3A M Danang Harisuseno, S.Ag, M.H, Jumat (28 Juli 2023).

Dikatakannya, tujuan Baksos TNI Manunggal KB Kes untuk mendukung program pemerintah dalam membangun sumber daya manusia yang sehat serta berdaya saing melalui program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana).

Selain itu bertujuan untuk memberikan penyuluhan tentang upaya pencegahan stunting diantaranya melakukan pemeriksaan secara rutin, memberikan pola asuh yang baik dan benar, mengkonsumsi makanan yang sehat serta bergizi cukup serta menjaga kebersihan sanitasi / lingkungan dan mengkonsumsi air yang layak.

BACA JUGA:Gas LPG 3 Kg Langka, Harga Jual Melambung Tinggi, Sentuh Rp30/Tabung

Dikatakannya, sasaran program TNI Manunggal KB Kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat. 

Peran TNI Angkatan Darat melalui Babinsa di daerah sangat penting dan strategis dalam mensukseskan Program Keluarga Berencana. 

“Dengan dukungan dari seluruh pihak terutama para Babinsa diharapkan akan mampu mencapai target yang diharapkan, yakni menekan angka pertumbuhan penduduk di daerah,” imbuhnya 

Seraya menambahkan, kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan merupakan kegiatan bakti sosial TNI yang dilaksanakan setiap tahun, dalam kegiatan dilaksanakan secara terpadu yang melibatkan Kodim 0422 Lampung Barat, Instansi Pemerintah Daerah dan Masyarakat. 

BACA JUGA:Pemasangan Banner Balon DPD RI Ini Layak Diacungi Jempol, Ini Dasarnya

“TNI Manunggal KB Kesehatan telah memberi program yang sangat strategis dalam menunjang cakupan Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas di Kabupaten Lampung Barat,” tegasnya. 

“Untuk tahun ini kita melakukan pelayanan KB gratis pada delapan kecamatan lokus stunting dengan target pelayanan sebanyak 1.176 akseptor,” sambungnya

Lanjut dia, target pelayanan sebanyak 1.176 akseptor itu rinciannya Kecamatan Sumberjaya 147 akseptor, Kecamatan Batu Brak 147 akseptor, Kecamatan Suoh 147 akseptor, Kecamatan Bandar Negeri Suoh 147 akseptor, Kecamatan Sukau 147 akseptor, Kecamatan Balik Bukit 147 akseptor, Kecamatan Pagar Dewa 147 akseptor dan Kecamatan Sukau 147 akseptor.

“Target pelayanan bakti sosial TNI Manunggal KB Kesehatan sebanyak 1.176 terdiri dari implant 120, kondom 80, IUD 16, pil 560 dan suntik sebanyak 400,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: