Satu Rumah di Pekon Sumberejo Terbakar, Surat Berharga Hingga Uang Tunai Rp30 Juta Lebih Ludes

Satu Rumah di Pekon Sumberejo Terbakar, Surat Berharga Hingga Uang Tunai Rp30 Juta Lebih Ludes

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Musibah kebakaran menghanguskan satu rumah panggung milik Yen Suhartanto warga Pemangku 4 Atarbrak, Pekon Sumberejo, Kecamatan Batu Ketulis, Kabupaten Lampung Barat Minggu 23 Juli 2023 sekitar pukul 13:00 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran itu, namun seluruh bangunan rumah berikut harta benda diantaranya uang tunai sekitar Rp30 juta lebih, sertifikat tanah, BPKB dan STNK motor dan Mobil, Ijazah, perabotan rumah serta pupuk ludes terbakar.

Peratin Sumberrejo Karyono membenarkan kejadian itu, namun belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran itu, hanya saja dugaan sementara api berasal dari kompor yang di hidupkan oleh Yen Suhartanto untuk memasak dan setelah selesai di tinggal pergi memancing.

"Sebelum kejadian, istri pemilik rumah ini kan pergi pengajian dan suaminya ada di rumah bersama dua anaknya. Kemudian sekitar pukul 12:00 WIB suaminya ini menghidupkan kompor entah memasak apa, setelah itu dia pergi memancing," terang Karyono saat di hubungi via ponselnya.

BACA JUGA:Permainan Tradisional Layang-layang Bangkit Kembali di Kota Bandar Lampung

Kemudian, lanjut Karyono kebakaran terjadi tidak lama setelah korban pergi memancing atau sekitar pukul 13:00 WIB. 

Saat kejadian di rumah hanya ada dua orang anaknya yang masih duduk di bangku SMP dan satu masih berusia tiga tahun.

"Waktu kejadian itu anaknya yang masih SMP ini sedang tidur, sementara yang kecil ini tidak. Ketika itu dia melihat api dari arah dapur kemudian panik jadi langsung membangunkan kakaknya. Tapi kakaknya tidak bangun, kemudian tetangga yang mengetahui peristiwa itu langsung bergegas mendobrak pintu dan menyelamatkan sang kakak. Tapi saat itu kondisi api memang sudah membesar," jelasnya.

Kuatnya hembusan angin ditambah material bangunan yang berbahan kayu dan papan membuat api dengan cepat menghanguskan seluruh bangunan berikut dengan harta benda milik korban.

BACA JUGA:Resmikan Panti Jompo, Gubernur Arinal Ajak Tingkatkan Kebahagiaan Lansia

"Total kerugian ditaksir mencapai ratusan juta, karena selain rumah dan harta benda sejumlah surat berharga seperti sertifikat rumah, surat-surat kendaraan mobil dan motor serta uang tunai antara Rp30-40 juta hangus terbakar, belum lagi ada pupuk. Musibah ini sudah kami laporkan ke pemerintah kecamatan," tandasnya.

Sementara, Kasi Trantib Batu Ketulis Aruman, S.I.P, mewakili Camat Batu Ketulis Sri Handayani S.H, M.M, mengatakan pihaknya sudah menerima laporan dan akan segera menindaklanjutinya ke Pemkab Lambar.

"Atas nama pemerintah kecamatan kami turut berbelasungkawa atas musibah yang terjadi, semoga keluarga diberi ketabahan. Untuk selanjutnya laporan sudah kita teruskan ke OPD terkait," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: