Pahami 5 Keutamaan Bulan Muharram

Pahami 5 Keutamaan Bulan Muharram

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang sangat mulia dalam agama Islam.

Bahkan kemuliaan bulan Muharram tercatat dalam Al Qur'an bersama tiga bulan lainnya yakni Dzulqa'dah, Dzulhijjah serta Rajab.

Pada bulan ini umat Islam diperintahkan untuk memperbanyak amalan serta mendekatkan diri kepada Allah SWT

Setelah sebelumnya dibahas mengenai "Keutamaan Berpuasa Pada Bulan Muharram" sekarang adalah apa saja keutamaannya dari bulan Muharram itu sendiri.

BACA JUGA:Kabag TU Kemenag Lampung Harap Seluruh ASN Tingkatkan Kinerja

Diketahui pada zaman Rasulullah SAW bahwa apabila sudah masuk pada bulan Muharram, maka diharamkan untuk melaksanakan perang maupun segala tindakan yang membuat menjadikan dosa.

Bulan Muharram diketahui sebagai bulan penuh berkah dan keutamaan,lantas apa saja keutamaan bulan Muharram, berikan alasannya:

1. Perhitungan pahala digandakan

Hal ini dilandasi dari salah satu riwayat hadits yang diceritakan oleh Ibnu Abu Bakrah. Ia berkata, Rasulullah menyebut bulan Muharram sebagai salah satu bulan Haram di kalender Hijriah dan berkata,

BACA JUGA:Kanwil Kemenkumham Serahkan Naskah Akademik dan Draf Ranperda Pajak dan Retribusi

"Maka sesungguhnya darah, harta, dan kehormatan kalian semua haram (mulia) atas kalian seperti mulianya hari ini, di negeri ini, dan di bulan ini. Dan sesungguhnya kalian akan menghadap Tuhanmu sekalian dan Dia akan bertanya kepada kalian tentang amal perbuatan kalian," (HR Bukhari dan Muslim)

2. Satu dari empat bulan yang disucikan

Islam memiliki 4 bulan yang sangat disakralkan. Bulan-bulan tersebut adalah bulan Dzulhijjah, bulan Rajab, bulan Dzulqa’dah, dan yang terakhir adalah bulan Muharram.

Kesakralan bulan Muharram diabadikan di dalam Surat At-Taubah ayat 36 di dalam Al-Qur’an. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: