Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar Dengan Bantuan Bibit Ikan

Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar Dengan Bantuan Bibit Ikan

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas Perikanan (Diskan), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), hingga kini terus berupaya meningkatkan produksi hasil perikanan budidaya di kabupaten setempat, salah satunya dengan menyalurkan bantuan untuk kelompok pembudidaya ikan air tawar di kabupaten setempat.

Kadis Perikanan, Armen Qodar, S.P., mengatakan tahun ini terdapat ratusan ribu ekor bantuan bibit ikan air tawar diserahkan kepada kelompok pembudidaya ikan air tawar di kabupaten setempat.

“Melalui anggaran dana insentif daerah (DID), tahun ini kita menyalurkan bantuan bibit ikan air tawar untuk sejumlah kelompok pembudidaya ikan air tawar, yang tersebar di sejumlah kecamatan,” kata dia.

Dijelaskannya, terdapat 350.120 ekor bibit ikan nila dan lele yang diserahkan kepada 10 kelompok pembudidaya ikan air tawar di kabupaten setempat dan tersebar di sejumlah kecamatan.

BACA JUGA:Jaga Kebugaran Tubuh, Kodim 0410/KBL Laksanakan Olahraga Bersama

“Ratusan ribu bibit ikan air tawar tersebut telah kita serahkan kepada masing-masing kelompok untuk di budidayakan dan terus dikembangkan, sehingga dapat menghasilkan,” jelasnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan kegiatan bantuan bibit ikan air tawar tersebut, sebagai salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka mengembangkan kegiatan budidaya ikan air tawar di kabupaten setempat.

“Dengan melaksanakan kegiatan ini, maka kelompok pembudidaya ikan air tawar sudah memiliki modal untuk mengembangkan usaha budidaya ikan air tawar, karena hasil panen nantinya bisa dimanfaatkan kembali untuk membeli bibit ikan serupa atau bibit ikan lainnya yang bisa  dibudidayakan,” terangnya.

Ditambahkannya, dalam memastikan kegiatan itu berjalan di setiap kelompoknya, akan ada petugas penyuluh perikanan yang rutin memantau perkembangan kegiatan budidaya di masing-masing kelompok.

BACA JUGA:6 Kloter Jamaah Haji Tiba di Bandar Lampung

“Kegiatan pemantauan itu tidak hanya kepada kelompok penerima bantuan, tapi kelompok lainnya juga yang selama ini kegiatan budidayanya sudah berjalan,” ujarnya.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan tersebut, pelaksanaan kegiatan budidaya ikan air tawar dapat berjalan dengan maksimal, sehingga mampu memenuhi kebutuhan ikan air tawar masyarakat di Kabupaten Pesbar.

“Konsumsi ikan air tawar di Kabupaten Pesbar cukup tinggi, tapi sampai saat ini kegiatan budidaya yang ada belum mampu memenuhi kebutuhan di pasar, sehingga kebanyakan pedagang ikan masih membeli ikan dari luar daerah salah satunya dari Lampung Barat,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: