Petugas DTPH Lampung Barat Kroscek Lokasi Bakal CPCK di Kebun Tebu

Petugas DTPH Lampung Barat Kroscek Lokasi Bakal CPCK di Kebun Tebu

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH), Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melakukan survei Calon Petani Calon Lokasi (CPCK) untuk program kegiatan Sekolah Lapang Pasca Panen (SLPP) di tiga kelompok tani (Poktan) di Kecamatan Kebun Tebu.

Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Yazid, S.P., saat dikonfirmasi menerangkan dalam survei tersebut tim dipimpin Kabid Produksi Onni, dengan melakukan survei pertama di Poktan Pekon Muara Jaya l. 

BACA JUGA:Gubernur Arinal dan Ketua DPRD Mingrum Gumay Tandatangani Raperda Pertanggungjawaban APBD 2022

Dan dua poktan lainnya masih mencari yang masuk kategori bisa diberikan SLPP yakni keberadaan kelompok dan lahan yang dikelola. 

"Dinas TPH mempunyai program SLPP dan sebelum program itu berjalan maka dilakukan survei kelompok tani yang dianggap layak seperti keberadaan kelompok diantaranya keaktifan anggota maupun legalitas serta keberadaan lahan yang dijadikan demplot,” terangnya.  

BACA JUGA:Dukung Ketahanan Pangan, Kodim KBL Kembangkan Tanaman Hidroponik

Yazid juga menggambarkan SLPP tersebut yakni memberikan edukasi kepada petani tentang tata cara budidaya tanaman padi sawah yang tepat untuk memperoleh hasil yang maksimal dan bermutu, seperti tata cara penanaman, perawatan, penjemuran hingga pengolahan lahan setelah panen, persiapan penanaman kembali. 

"Dalam SLPP itu juga termasuk langkah antisipasi dan penanggulangan jika terjadi serangan virus maupun hama yang menyebabkan kerusakan pada tanaman," ujarnya. 

Di sisi lain dengan SLPP tersebut, bagi poktan terpilih dapat saka memperoleh bantuan pendukung usaha seperti perlengkapan kerja semisal arit (sabit) maupun karung untuk hasil dan terpal penjemuran.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: