Berikut Penjelasan Buya Yahya Terkait Panggilan 'Haji' Bagi Orang Pulang Ibadah Haji

Berikut Penjelasan Buya Yahya Terkait Panggilan 'Haji' Bagi Orang Pulang Ibadah Haji

Buya Yahya--

MEDILAMPUNG.CO.ID - Ibadah haji merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan bagi umat Islam yang mampu baik fisik maupun materi.

Ibadah haji merupakan hukumnya wajib bagi umat Islam yang memiliki kemampuan yang dikarenakan ibadah haji masuk dalam rukun Islam ke lima.

Ibadah haji sendiri adalah suatu perjalanan ibadah mengunjungi baitullah atau Ka'bah yang berada di kota Makkah Arab Saudi yang dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah. 

Namun ada beberapa kebiasaan yang kadang ada keharusan yang melekat kepada orang yang baru pulang dari melaksanakan ibadah haji yakni panggilan Haji yang sering melekat pada nama.

BACA JUGA:Polresta Bandar Lampung Terima Kunjungan Bidkum Polda Lampung

Panggilan pak haji ataupun ibu Hajjah yang melekat pada nama panggilan itu menurut Buya Yahya itu adalah tradisi dan kebiasaan dari masyarakat secara turun temurun.

Dari kanal YouTube Al-Bajjah TV Buya Yahya mengatakan bahwa panggilan itu sudah menjadi  kebiasaan.

"Karena tradisi di Indonesia sudah biasa, ada pak haji, kalau ada orang haji ya panggilan pak haji," ungkap Buya Yahya.

Menurutnya panggilan pak haji atau ibu Hajjah sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Maka menurut Buya Yahya kebiasaan panggilan itu enak tidak enak secara akan menjadi panggilan dalam masyarakat.

BACA JUGA:Bobol Rumah Dinas Guru dan Curi Peralatan Sekolah, Dua Pemuda Asal Heni Arong Ditangkap

"Karena kalau sudah menjadi kebiasaan, bisa jadi kalau tidak dipanggil kita tidak enak," jelas Buya Yahya.

Tetapi dalam kesempatan itu Buya Yahya juga berpesan apabila kita yang menjadi posisi baru pulang dari ibadah haji tidak mendapatkan panggilan jangan haji ataupun Hajjah janganlah terlalu menjadi pemikiran.

"Menjaga hati orang, jangan sakiti dia jaga hati kita agar kita tidak sombong," jelasnya.

Demikian penjelasan Buya Yahya mengenai panggilan pak haji ataupun Hajjah untuk orang yang baru saja pulang dari ibadah haji. Semoga bisa menjadi manfaat!! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: