Dukung Program 'Bapak Asuh' DPRD Lampung Barat Optimis Efektif Turunkan Angka Stunting

Dukung Program 'Bapak Asuh' DPRD Lampung Barat Optimis Efektif Turunkan Angka Stunting

Ketua DPRD Lambar Edi Novial, S.Kom--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial, S.Kom., menyampaikan dukungannya, terhadap rencana program 'Bapak Asuh' atau orang tua asuh yang akan digulirkan Pemkab Lampung Barat, sebagai langkah dalam rangka penanganan Stunting di bumi beguai jejama sai betik tersebut.

Sebagaimana diketahui, saat ini di Lampung Barat setidaknya masih ada 1.058 Balita yang telah mengalami stunting. 

Jumlah balita stunting itu tersebar di 131 pekon dan 5 kelurahan yang ada di 15 kecamatan.

Menurut Edi Novial, penanganan Stunting merupakan tanggungjawab bersama, dalam artian tidak hanya bertumpu pada pemerintah melainkan harus ada peran serta dari semua pihak untuk penuntasan angka stunting tersebut.

BACA JUGA:Kapolresta Bandar Lampung Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 47 Personel

"Dengan adanya rencana program Bapak Asuh yang akan digulirkan pemerintah daerah, tentu ini menjadi ruang bagi semua pihak untuk turut andil bagian dalam penuntasan Stunting di Lampung Barat," ungkap Edi Novial.

Ia berkeyakinan, jika program tersebut nantinya terealisasi, maka akan banyak pejabat maupun orang-orang dermawan yang akan turut berpartisipasi sebagai bapak asuh.

"Tinggal bagaimana nantinya jika program tersebut terealisasi, maka data harus dipersiapkan dengan baik, jangan sampai ada tumpang tindih, misalkan ada satu Balita Stunting memiliki dua bapak asuh, tetapi harus dipersiapkan sehingga program ini merata, karena kasus Stunting tidak hanya di satu kecamatan melainkan tersebar di 15 kecamatan," imbuhnya.

Ia juga meyakini, bahwa jajaran DPRD Lampung Barat yang selama ini juga memberikan perhatian serius terhadap permasalahan Stunting di Lampung Barat mendukung dengan adanya wacana pemerintah daerah tersebut.

BACA JUGA:6 Tips Berbudidaya Tanaman Kelengkeng Agar Berhasil dan Sukses

"Untuk jajaran anggota DPRD Lampung Barat yang berasal dari Lima Dapil saya yakin satu pemikiran, mendukung program tersebut. Kemudian saya pribadi akan mengajak anggota untuk menjadi bapak asuh," pungkasnya.

Sementara itu, pemberitaan sebelumnya terkait dengan program pemerintah daerah dalam menangani satu Stunting, mendapatkan respon yang baik dari pembaca. 

Bahkan beberapa dari pembaca telah menyatakan kesiapannya untuk menjadi bapak asuh.

Seperti diberitakan, Pemkab Lampung Barat memprogramkan orang tua asuh, yang digadang-gadang akan mampu menangani permasalahan Stunting di bumi beguai jejama sai betik tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: