Soal Upaya Pendirian USB SMA, Begini Kata Plt Sekkab Pesisir Barat

Soal Upaya Pendirian USB SMA, Begini Kata Plt Sekkab Pesisir Barat

Ilustrasi--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) akan berupaya untuk terus mendukung kemajuan pendidikan yang ada di Negeri Para Saibatin dan Ulama itu. 

Salah satunya mengenai usulan kebutuhan lahan untuk pendirian Unit Sekolah Baru (USB) SMA Negeri di Kecamatan Krui Selatan.

Plt.Sekkab Pesbar, Drs.Jon Edwar, M.Pd., mengatakan, mengenai adanya upaya pendirian USB SMA Negeri khususnya di Kecamatan Krui Selatan itu pernah dibahas dengan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Pesbar, Putrawan Jaya Ningrat, S.Pd, M.Si., bahwa MKKS berharap ada dorongan dari Pemkab Pesbar, salah satunya dukungan lahan untuk pendirian USB SMA Negeri itu.

“Mengenai rencana terkait dengan upaya pendirian USB SMA Negeri itu sebelumnya memang sudah pernah dibahas dengan ketua MKKS SMA Kabupaten Pesbar,” katanya, Minggu 2 Juli 2023.

BACA JUGA:Camat BNS Mandala Ajak Warga NU Ciptakan Pemilu Damai

Dikatakannya, hal-hal itu sudah disampaikan dengan Bupati Pesbar Dr.Drs.Agus Istiqlal, S.H, M.H., sesuai dengan harapan dari MKKS SMA untuk dapat memfasilitasi berkaitan dengan rencana maupun usulan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung, para tokoh pendidikan di Pesbar, agar dapat dibangun USB SMA Negeri di Kecamatan Krui Selatan tersebut.

“Upaya itu juga mengingat jumlah peminat/lulusan siswa tingkat SMP/sederajat terutama di Kecamatan Krui Selatan, Pesisir Tengah dan Way Krui itu hampir tidak tertampung di beberapa sekolah yang ada di sekitaran Kecamatan Pesisir Tengah,” jelasnya.

Seperti, kata dia, di SMAN 1 Pesisir Tengah, SMKN 1 Pesisir Tengah, maupun Madrasah Aliyah Negeri (MAN) yang ada di Kecamatan Pesisir Tengah. 

Artinya, daya tampung di beberapa sekolah yang ada di Kecamatan Pesisir Tengah itu terbatas, terlebih dalam pendaftaran siswa baru untuk masuk ke jenjang SMA/sederajat tersebut salah satunya juga melalui jalur zonasi.

BACA JUGA:Harga Cabai Rawit Masih Pedas, Rp 70 Ribu per Kilogram

“Sehingga, dengan kondisi sekolah yang memiliki daya tampung terbatas itu tentu menjadi salah satu harapan dari MKKS SMA di Kabupaten Pesbar agar dapat didirikan USB SMA Negeri khususnya di Kecamatan Krui Selatan,” katanya.

Menurut Jon Edwar, dari hasil pembicaraan dengan Pak Bupati Agus Istiqlal, bahwa beliau (Bupati-Red) sangat merespon dengan adanya upaya pendirian USB SMA Negeri di Kabupaten Pesbar ini. 

Karena itu, dalam waktu dekat Pemkab Pesbar akan memanggil semua pemangku kepentingan terutama seluruh kepala SMA maupun pengurus MKKS di Kabupaten Pesbar untuk membahas terkait dengan kemungkinan-kemungkinan mendirikan SMA Negeri, khususnya di Kecamatan Krui Selatan tersebut.

“Untuk di Kecamatan Krui Selatan itu memang belum memiliki SMA Negeri. Karena itu Pemkab Pesbar akan memberikan solusi terbaik, terutama berkaitan dengan kebutuhan lahan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: