Semua Hewan Kurban yang Dipotong di Kota Bandar Lampung Dipastikan Bebas LSD

Semua Hewan Kurban yang Dipotong di Kota Bandar Lampung Dipastikan Bebas LSD

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hewan kurban sebanyak 900 sapi dan 3.000 ekor kambing yang dipantau oleh Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung, dipastikan bebas dari cemaran penyakit khususnya Lumpy Skin Disease (LSD). 

Hal itu dijamin oleh Kepala Dinas Pertanian Bandar Lampung, Agustini. Ia mengklaim, pihaknya melakukan pemantauan hewan kurban dari sebelum Idul Adha sampai hari H Idul Adha

Hasilnya dari pantauan 94 lapak yang dimonitor di 20 kecamatan Kota Bandar Lampung, hasilnya negatif penyakit berbahaya pada hewan kurban. 

"Dari 90 lapak, itu sebenarnya 100 lebih, tapi karena petugas kita terbatas 94 itu sapinya sekitar terpantau 900 sapi, kambing 3000 alhamdulillah tidak ada yang terkena penyakit membahayakan," kata Agustini, Jumat, 30 Juni 2023. 

BACA JUGA:Tujuh Cara Menanam dan Manfaat Bunga Zinnia

Agustini menambahkan bahwa ada dua ekor hewan kurban yang ditemukan mengalami diare. Hal itu menurutnya karena pengaruh perjalanan hewan kurban.

"Alhamdulilah nggak ada penyakit LSD, nggak ada penyakit PMK. Lalu yang diare kita kasih obat," ungkapnya. 

Ia mengklaim stok vaksin LSD sudah tersedia di Bandar Lampung. Namun karena masih suasana lebaran Idul Adha pemberian vaksin distop sementara. 

"Kita sudah punya vaksin LSD, cuma karena dalam rangka Idul Adha kita setop dulu vaksin. Nanti setelah H+3 baru bergerak lagi," terangnya. 

BACA JUGA:Berikut Niat dan Tata Cara Puasa Senin Kamis

Hal itu dikarenakan hewan kurban yang akan disembelih tidak boleh melakukan vaksinasi dalam waktu terdekat, minimal 1 bulan sebelum pemotongan. 

"Karena yang mau disembelih nggak boleh divaksin, harus sebulan sebelumnya. Jadi kita sementara nggak melakukan vaksin, tapi vaksin kita siap kok," pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: