TP PPK Kabupaten Lampung Barat Wakili Provinsi Lampung di Ajang Lomba GKSTTB Peduli Stunting

TP PPK Kabupaten Lampung Barat Wakili Provinsi Lampung di Ajang Lomba GKSTTB Peduli Stunting

--

LAMBAR,MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Lampung Barat mewakili Provinsi Lampung dalam ajang lomba Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana (GKSTTB) Peduli Stunting yang diadakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tim penggerak pusat.

TP-PKK Kabupaten Lampung Barat mengikuti penilaian yang dilakukan langsung oleh Tim Penilai Pilot Project Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana melalui Zoom Meeting di Ruang Rapat Pesagi, Jumat 23 Juni 2023.

Dalam penilaian tersebut, diikuti langsung oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Barat Dra. Zelda Naturi Nukman beserta jajaran, Tim Percepatan Penurunan Stunting, perwakilan dan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia  (Himpaudi) Kabupaten setempat. 

Ketua TP-PKK Kabupaten Lambar Zelda Naturi menjelaskan stunting merupakan ancaman utama terhadap kualitas hidup, produktivitas dan daya saing manusia. 

BACA JUGA:Ini Upaya Pemkab Lampung Barat Tingkatkan PAD

Oleh karena itu, Pemerintah melakukan penurunan cepat terkait stunting melalui program prioritas nasional.  

Menurut Zelda, sejauh ini Pemerintah Kabupaten Lampung Barat telah berupaya dalam melakukan pencegahan stunting diantaranya dengan pendekatan multi sektor melalui intervensi pelayanan dan integrasi yang dilakukan dari tingkat Kecamatan hingga Pekon dan Kelurahan. 

"Dengan adanya pendekatan tersebut peran multi sektor diakomodir oleh pelaksana tugas dan fungsi tim percepatan penurunan stunting yang telah membentuk tim di tingkat Kecamatan, Pekon atau Kelurahan.  Setiap tingkat memiliki peran penting dalam mengkoordinasikan pelaksanaan percepatan penurunan stunting sesuai dengan kewenangan masing-masing," ujar dia.

"Penurunan stunting di Lampung Barat sendiri dilakukan dengan cara integrasi antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penanggung jawab layanan dengan sektor atau lembaga Pemerintah dan masyarakat," sambungnya. 

BACA JUGA:Pekon Sukaraja Bangunan Jalan Usaha Tani dengan Dana Desa

Sementara, Ketua Pokja IV TP-PKK Kecamatan Kebun Tebu Juwita Kusuma Wati mengatakan, upaya yang telah dilakukan dalam menekan angka stunting khususnya di Pekon Tribudisyukur Kecamatan Kebun Tebu. 

Diantaranya melakukan edukasi terhadap anak sekolah menengah dengan target SMP  hingga SMA terkhusus bagi siswi, meningkatkan komunikasi dan pengetahuan melalui kesehatan reproduksi remaja, pemberian tablet tambah darah pada remaja putri. 

"Selain itu, kami juga melakukan pemantauan terhadap ibu hamil , pengukuran ibu hamil dengan lengan sebagai indikator sebagai kekurangan gizi pada ibu hamil, pemberian makanan tambahan kepada ibu hamil, pemantauan secara intensif kepada ibu hamil saat pelaksanaan posyandu," kata Juwita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: