Tim KPH TJB Jambi Tinjau Lokasi Rencana Studi Banding HKm di Air Hitam

Tim KPH TJB Jambi Tinjau Lokasi Rencana Studi Banding HKm di Air Hitam

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dari Tanjung Jabung Barat (TJB) Provinsi Jambi, melakukan kunjungan di Kabupaten Lampung Barat, dalam rangka survey lokasi rencana studi banding tentang Hutan Kemasyarakatan (HKm) dan Kopi yang jadwalnya dilaksanakan Juli mendatang.

Kunjungan peninjauan lokasi oleh KPH Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi, yakni menuju Kecamatan Air Hitam yang di sambut oleh KPH Lambar, Camat Air Hitam dan jajaran, Rabu 14 Juni 2023.

Dalam sambutannya Camat Bambang Hermanto, S.Pdi, M.M., menyampaikan selamat datang kepada rombongan KPH Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, yang telah berkenan berkunjung ke Kabupaten Lambar. 

Dimana dalam kunjungan itu petugas berkompeten Lambar bersama KPH Lambar berupaya sebisanya akan memberikan informasi dan ilmu terbaik terhadap apa yang dibutuhkan peserta studi banding.

BACA JUGA:Info Loker Terbaru! Kemenko Bidang Perekonomian Cari Tenaga Teknis Desain Grafis

Dan pada kesempatan itu pihaknya berharap kedepannya akan ada kunjungan silang maupun informasi silang baik dari Provinsi Jambi atau Kabupaten Lambar dalam meraih harapan Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera sebagaimana cita-cita Kabupaten Lambar terhadap komitmen sebagai Kabupaten Konservasi yang di lahiran masa kepemimpinan Bupati Parosil Mabsus yang terus digiatkan hingga sekarang ini kepemimpinan Penjabat (Pj) Bupati Drs Nukman M.M.

Ditambahkan petugas Kecamatan Air Hitam yang juga owner Rumah Kopi Jenderal Air Hitam Suparyoto mendampingi Camat Bambang Hermanto, S.Pdi, M.M., kecamatan tersebut ditunjuk sebagai lokasi studi banding karena memiliki 2 HKm.

Yakni hulu Kelompok HKm Wadah Rembuk Tani Hutan (Warem Tahu) Abung Sumberjaya, dan Hilir Rumah Kopi Jenderal Air Hitam, yang berperan pengembangan pasca panen Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) diantaranya pengolahan kopi. 

Disebutkannya tujuan KPH Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi ke Kabupaten Lambar karena mengetahui dari berbagai sumber informasi terpercaya terkait pengelolaan HKm di Bumi Sekala Bekhak tersebut paling baik.

BACA JUGA:Mantap! Kabupaten Lampung Barat Terima Penghargaan PPD Tingkat Nasional 2023

Hal itu dipandang dari proses kepedulian Pemkab Lambar diantaranya komitmen Bupati terhadap Kabupaten Konservasi, kemudian kekompakan antar HKm. Dan fakta di lapangan yang kontinyu yakni Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera. 

Suparyoto juga meminta daro Rumah Jenderal terjalinnya kerjasama dalam bentuk Memorandum Of Understanding(MOU) baik HKm, Pemda Jambi seperti dalam HHBK yang di ambil jari Jambi di tampung di Rumah Jenderal Lambar. (rinto)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: