Ketahui Kondisi Sanitasi Masyarakat dengan Studi Ehra

Ketahui Kondisi Sanitasi Masyarakat dengan Studi Ehra

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melaksanakan pertemuan pelatihan supervisor, enumerator, dan petugas entri data studi environmental health risk assessment (Ehra) atau studi penilaian resiko kesehatan lingkungan yang dilaksanakan di aula STIT Multazam Pekon Rawas, Kecamatan Pesisir Tengah, Jumat 9 Juni 2023.

 

Hadir dalam kesempatan itu, Kadiskes Pesbar, Tedi Zadmiko, S.Km., Kabid Kesehatan Masyarakat, Arfi Julizar, S.Km., Kepala Puskesmas dan Sanitarian yang tersebar di 11 Puskesmas di kabupaten setempat.

 

BACA JUGA:Transisi PAUD-SD Diharapkan Terbentuk Fondasi Karakter Unggul

Dalam kesempatan itu, Tedi Zadmiko mengatakan, studi penilaian resiko lingkungan merupakan sebuah studi partisipatif di kabupaten/kota guna memahami kondisi fasilitas sanitasi serta perilaku masyarakat sekala rumah tangga di tingkat pekon atau kelurahan.

 

“Kegiatan  ini perlu dilaksanakan karena pembangunan sanitasi membutuhkan pemahaman kondisi wilayah yang akurat, data terkait sanitasi dan hygiene terbatas dan data sanitasi umumnya tidak bisa dipecah sampai pekon, data juga tidak terpusat melainkan berada di berbagai kantor berbeda,” kata dia.

 

BACA JUGA:Atasi Hewan Ternak Terinfeksi LSD, Pemprov Lampung Distribusikan 100 Ribu Dosis Vaksin

Dikatakannya, isu sanitasi dan hygiene masih dipandang penting sebagaimana terlihat dalam prioritas usulan melalui Musrenbang, terbatasnya kesempatan untuk berdialog antara masyarakat dan stakeholder.

 

“Secara tidak langsung kegiatan ini memberikan amunisi bagi stakeholder dan masyarakat di pekon untuk menjadi bahan perencanaan yang baik dalam pemenuhan dan peningkatan kualitas sanitasi,” jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: