Harga Jual Kopi Masih Bergerak Naik, Asalan Rp35 – Rp38 Ribu Per Kilogram

Harga Jual Kopi Masih Bergerak Naik, Asalan Rp35 – Rp38 Ribu Per Kilogram

Kabid Perkebunan Disbunnak Lambar Sumarlin, S.P, M.P--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Harga jual kopi di tingkat petani di Kabupaten Lampung Barat hingga kini masih terus bergerak naik, meski tidak mengalami kenaikan signifikan seperti bulan lalu, namun kenaikan harga jual masih terus terjadi yang kenaikannya berkisar Rp100 hingga Rp200/kilogram.

 

Kabid Perkebunan pada Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Lampung Barat Sumarlin mendampingi Kepala Disbunnak Yudha Setiawan mengatakan, untuk saat ini harga jual di tingkat petani untuk biji kopi asalan dihargai Rp35-Rp38 ribu/kg.

 

BACA JUGA:Produksi Kopi Menurun, KPM BLT DD di Kubuliku Jaya Diminta Pergunakan Bantuan dengan Baik

”Untuk harga jualnya masih mengalami kenaikan, meskipun hanya Rp100 hingga Rp200 per kilogramnya, yang pada intinya kenaikan ini sangat membantu para petani,” ungkap Sumarlin ditemui di ruang kerjanya, Kamis 8 Juni 2023.

 

Sementara itu, untuk harga jual biji kopi basis atau grade A juga mengalami kenaikan dimana saat ini mencapai Rp41 ribu/kg, dan untuk biji kopi premium atau petik merah harga jualnya lebih dari Rp45 ribu/kg.

 

BACA JUGA:Asyik! Kantong ASN Tebal Nih, Gaji ke-13 Plus TPP di Lampung Barat Cair di Tanggal Ini

”Untuk kopi grade A dan juga premium bisa lebih mahal, harga jualnya sesuai dengan cara petani untuk mendapatkan biji kopi berkualitas tersebut,” kata dia.

 

Kenaikan harga kopi juga disinyalir akibat turunnya produktivitas kopi di Lampung Barat saat ini. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: