Dinkes Pesisir Barat-BPJS Kesehatan Gelar Mentoring Spesialis Penyakit DM dan HT

Dinkes Pesisir Barat-BPJS Kesehatan Gelar Mentoring Spesialis Penyakit DM dan HT

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melaksanakan kegiatan mentoring dokter spesialis untuk penanganan penyakit diabetes melitus (DM) dan hipertensi (HT) yang dilaksanakan di aula STIT Multazam, Pekon Rawas, Kecamatan Pesisir Tengah, Selasa (6/6).

Kadiskes Pesbar Tedi Zadmiko, S.Km., dalam kesempatan itu mengatakan dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), baik FKTP milik pemerintah maupun FKTP swasta.

“Selain itu untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program jaminan kesehatan, BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi melalui program mentoring dokter spesialis yang difasilitasi oleh Dinkes Pesbar untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam memberikan pelayanan kesehatan di FKTP,” kata dia

Dijelaskannya, keberadaan dokter spesialis bukan hanya berperan dalam pengobatan saja akan tetapi bagaimana masyarakat dapat menjaga kesehatannya melalui fungsi promotif dan preventif baik dalam gedung maupun diluar gedung.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Hari Ini 6 Juni 2023, Leo-Capricorn, Cari Bantuan Jika Diperlukan

“Dengan adanya kegiatan ini saya berharap agar seluruh dokter baik di FKTP pemerintah maupun FKTP swasta terutama yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dapat lebih profesional, berlaku adil kepada pasien baik yang yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan maupun yang tidak ditanggung sehingga pasien dan keluarga dapat merasa puas atas layanan yang diberikan,” jelasnya.

Menurutnya, sesuai dengan amanat peraturan pemerintah nomor 47 tahun 2016 tentang fasilitas pelayanan kesehatan bahwa setiap fasilitas pelayanan kesehatan wajib teregistrasi.

Oleh karena itu melalui kesempatan ini dirinya menghimbau agar seluruh FKTP swasta yang belum registrasi agar segera melakukan registrasi secara online.

“Registrasi FKTP itu bisa dilakukan melalui laman website registrasifasyankes.kesmas.go.id. Saat ini FKTP yang teregistrasi baru 11 sebelas puskesmas dan tiga klinik, sedangkan praktek mandiri dokter belum ada yang teregistrasi,” terangnya.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Hari Ini 6 Juni 2023, Aquarius-Cancer, Hindari Konflik yang Tidak Perlu

Ditambahkannya, bagi yang telah teregistrasi agar segera mempersiapkan diri untuk dilakukan akreditasi, karena akreditasi bukan hanya menjadi syarat untuk melanjutkan kerjasama dengan BPJS Kesehatan tapi lebih kepada menjaga mutu pelayanan kesehatan secara berkelanjutan.

“Saya berharap kepada seluruh peserta pertemuan agar dapat menimba ilmu yang seluas-luasnya, kepada bpjs kesehatan saya berharap agar kegiatan mentoring ini jangan hanya satu kali setiap tahun tapi lebih sering lagi, Dinkes siap untuk memfasilitasi,” pungkasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: