Disdikbud Pesisir Barat Gelar Pekan Kebudayaan Daerah

Disdikbud Pesisir Barat Gelar Pekan Kebudayaan Daerah

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) tahun 2023, terutama untuk siswa sekolah tingkat SD dan SMP se-Kabupaten setempat. 

Kegiatan itu dipusatkan di GSG Labuhan Jukung, Pekon Kampung Jawa Kecamatan Pesisir Tengah, Selasa (30/5/2023).

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Umum Dewan Kesenian Kabupaten Pesbar, Ny. Hj. Septi Istiqlal, sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Selain itu, hadir juga Plt.Sekkab Pesbar Drs.Jon Edwar, M.Pd., Sekretaris Disdikbud Pesbar Marnentinus, S.Ip., Polres Pesbar yang diwakili Kabag SDM, AKP Ono Karyono, S.H, M.H., dewan guru dan siswa dari perwakilan sekolah serta pihak terkait lainnya.

BACA JUGA:Diduga Jadi Korban Tawuran Antar Pelajar, Dua Siswa di Pesisir Barat Alami Luka Bacok

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Dewan Kesenian Kabupaten Pesbar, Ny. Hj. Septi Istiqlal, mengatakan, Kabupaten Pesbar dengan julukan Negeri Para Sai Batin dan Ulama, sangat sarat dengan adat, budaya dan tradisi yang melekat di dalamnya. 

Pelestarian dan aktualisasi adat, budaya dan tradisi daerah sangat besar manfaatnya bagi kelangsungan hidup generasi muda saat ini dan dimasa yang akan datang.

“Dimana potensi adat, budaya dan tradisi di Pesbar in wajib dikembangkan dan dilestarikan, sebagai warisan leluhur yang dapat dijadikan kebanggaan terutama dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi Kabupaten setempat,” ujarnya.

Ditambahkannya, Kabupaten Pesbar memiliki potensi yang besar dalam bidang kebudayaan dan pariwisata. Dengan keberagaman masyarakatnya yang berasal dari berbagai suku dan terbukti mampu menjalin kehidupan yang harmonis dan damai.  

BACA JUGA:Karang Taruna Pekon Sukapura Kembali Giatkan Olahraga

Kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah Kabupaten Pesbar tahun 2023 dengan mengusung tema “Ngejaga tradisi sai wat di Pesisir Barat” ini merupakan sarana dalam upaya melestarikan budaya lokal, meningkatkan kreatifitas, dan memotivasi generasi muda untuk mencintai dan mengembangkan budaya daerah Kabupaten Pesbar.

“Budaya dapat berfungsi sebagai alat perekat guna mempererat rasa kebersamaan sehingga tercipta rasa aman dan sejahtera bagi masyarakat,” jelasnya.

Pihaknya berharap tentu kedepan kegiatan seperti ini bisa rutin dilaksanakan, dan mudah-mudahan akan dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat dalam menjunjung tinggi dan melestarikan adat budaya kita di Kabupaten Pesbar ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: