Pasca Penataan Anggaran, Pemkab Lambar Anggarkan BTT Rp1,645 Miliar

Pasca Penataan Anggaran, Pemkab Lambar Anggarkan BTT Rp1,645 Miliar

Kepala BPKD Lambar Ir. Okmal, M.Si--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkab Lambar awalnya menyiapkan belanja tidak terduga (BTT) sebesar Rp2.751.656.312 (APBD murni) tahun 2023 namun setelah dilakukan penataan anggaran sesuai dengan PMK No.212/PMK.07/2022 maka saat ini pemerintah daerah menganggarkan BTT hanya Rp1.645.452.214.

“Dari jumlah BTT sebesar Rp1.645.452.214 itu hingga kini telah terserap sebesar Rp394.550.000,” ungkap Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Ir. Okmal, M.Si, Minggu (21/5/2023).

BACA JUGA:Empat Kelurahan Belum Serap Dana Kelurahan

Masih kata dia, penyerapan BTT sebesar Rp394 juta itu diperuntukan untuk pembuatan tiga unit gorong gorong di Pekon Tuguratu Kecamatan Suoh, serta pekerjaan konstruksi bronjong dan pembangunan/rehabilitasi saluran drainase Pekon Batu Kebayan Kecamatan Batu Ketulis

Lanjut dia, BTT tersebut disiapkan oleh Pemerintah Daerah untuk menangani secara darurat setiap bencana alam yang terjadi, atau yang sifatnya kedaruratan lainnya. 

BACA JUGA:Dua CJH Lambar Meninggal Dunia Jelang Pemberangkatan Haji

“Untuk dampak bencana alam yang bisa menggunakan dana tersebut dalam penanggulangannya, hanya yang sifatnya darurat atau mendesak saja. Untuk belanja tak terduga ini tidak harus habis dalam satu tahun anggaran namun disesuaikan dengan kebutuhan dan usulan yang disampaikan kepada kami,” katanya.

Adapun prosedur untuk mencairkan belanja tak terduga, kata Okmal, yaitu peratin atau lurah serta camat mengusulkan bantuan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, kemudian usulan atau proposal tersebut diajukan kepada BPKD. 

BACA JUGA:Mengenal 9 Ekor Kuda Kesayangan Nabi Muhammad SAW

“Sepanjang ada pengajuan atau usulan yang masuk kepada kita dan memenuhi persyaratan maka kita siap untuk menyalurkan anggarannya,” tutup Okmal.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: