Program Ketahanan Pangan, Pemdes Sumberjaya Buka dan Bangun Jalan Usaha Tani

Program Ketahanan Pangan, Pemdes Sumberjaya Buka dan Bangun Jalan Usaha Tani

--

LAMSEL, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penyerapan alokasi 20 persen Dana Desa (DD) untuk sektor ketahanan pangan di Desa Sumberjaya kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan dialokasikan untuk membuka sekaligus meningkatkan jalan usaha tani yang berada di 6 (enam) titik.

Diketahui pemerintah Pusat menerbitkan kebijakan terkait pemanfaatan 20% Dana Desa untuk program ketahanan pangan. 

BACA JUGA:CJH Lambar Diperkirakan Masuk Jadwal Pemberangkatan Gelombang Pertama

Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No.104/2021 tentang rincian anggaran pendapatan dan belanja negara tahun 2022. 

Kepala Desa Sumberjaya Idham mengatakan, penyerapan sektor ketahanan pangan di wilayahnya dialokasikan untuk Pembangunan jalan usaha tani yakni peningkatan jalan usaha tani yang tersebar di enam dusun dengan menghabiskan anggaran setiap titik sebesar 16 juta.

BACA JUGA:Diwawancara Usai Diperiksa KPK, Wagub Lampung Pilih Bungkam

“Selain meningkatkan akses jalan, kami turut membuka akses baru yang berada di dusun III dengan membuka badan jalan sepanjang 300 meter dan lebar 4 meter, serta pembangunan jalan akses pertanian ini merupakan perwujudan dari aspirasi masyarakat Sumberjaya," ungkapnya kepada medialampung.co.id, Rabu (17/5)

Lanjut Idham, tujuan dari pembangunan dan peningkatan jalan usaha tani untuk mempermudah mobilitas petani dalam dalam mengangkut hasil produksi pertanian serta sebagai jalan lingkungan masyarakat.

BACA JUGA:Pemerintah Pekon Balak Salurkan BLT DD Januari Hingga Maret kepada 41 KPM

Dirinya berharap dengan dibangunnya jalan pertanian ini dapat mendukung kesejahteraan masyarakat utamanya petani dalam upaya memenuhi ketersediaan kebutuhan pangan.

"Semoga dengan tersedianya akses yang memadai ini setidaknya dapat membantu mereka dari segi kenyamanan dan kelancaran dalam mendistribusikan hasil pertanian,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: