Lulusan SMA Sederajat? Persiapkan Diri Jadi CPNS

Lulusan SMA Sederajat? Persiapkan Diri Jadi CPNS

Ilustrasi PNS-freepik.com-

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Delapan Kementerian Indonesia akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.

Sama seperti tahun sebelumnya, rencananya pendaftaran CPNS 2023 untuk lulusan SMA ini akan dibuka di bulan Juni mendatang. Jadi jika kamu tertarik untuk ikut mendaftar, kamu bisa segera menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan

Bagi yang hanya memiliki Ijazah SMA atau SMK dikabarkan terdapat ada 8 Kementerian yang akan membuka penerimaan CPNS tahun ini

Dari ke 8 Kementerian yang akan membuka penerimaan CPNS tersebut di antaranya Badan SAR Nasional (Basarnas), Kejaksaan Agung, Kementrian Pertanian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Kementerian Hukum Dan Ham ( Kemenkumham), Badan Intelijen Negara, Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

BACA JUGA:Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi

Badan SAR Nasional (Basarnas) dikabarkan akan membuka formasi CPNS 2023 bagi lulusan SMA. Nantinya untuk mengisi sejumlah pos-pos baru di sejumlah wilayah yang tersebar di Indonesia. 

Lalu Kejaksaan Agung. Selain membuka formasi bagi lulusan S1, lembaga Kejaksaan Pemerintah Indonesia juga akan membuka formasi CPNS 2023 untuk lulusan SMA atau Sederajat dalam seleksi CPNS 2023 mendatang.

Begitu juga dengan Kementerian Pertanian akan memberikan kesempatan kepada lulusan SMA untuk beberapa formasi yang dibutuhkan Kementerian Perhubungan dikabarkan akan membuka CPNS untuk lulusan SMA atau sederajat, untuk 684 formasi. 

Adapun posisi yang tersedia antara lain, yakni penerbang, petugas Avsec, teknisi penelitian dan perekayasaan, petugas pertolongan kecelakaan penerbangan, dan petugas pemadam kebakaran.

BACA JUGA:Selain Targetkan 7 Kursi di Lambar, Ismun Zani Juga Optimis Raih Kursi di DPRD Provinsi

Kementerian Lingkungan Hidup juga akan membuka formasi bagi lulusan SMA, yakni sebagai polisi hutan dalam bidang kehutanan dan pertanian. 

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)  akan membuka beberapa formasi pada seleksi CPNS 2023 mendatang. Kemenkumham juga membuka formasi bagi lulusan SMA atau Sederajat untuk mengisi posisi jabatan sebagai penjaga tahanan.

Diketahui dari beberapa pembukaan perekrutan, kementerian ini paling banyak diminati.

Badan Intelijen Negara juga akan membuka sejumlah formasi untuk lulusan SMA atau sederajat untuk mengisi jabatan pengadministrasi rekam medis dan informasi serta pramu laboratorium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: