Ratusan CJH Lambar Jalani Pengecekan Istithaah Kesehatan di RSUDAU

Ratusan CJH Lambar Jalani Pengecekan Istithaah Kesehatan di RSUDAU

Pemeriksaan kesehatan calon jemaah haji asal Lambar--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Ratusan Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Lampung Barat pemberangkatan tahun 2023, menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUDAU). 

Pemeriksaan kesehatan itu sendiri, dijadwalkan akan dilaksanakan selama enam hari, yakni pada mulai Jumat (12/5/2023) hingga Kamis (18/5/2023).

Kabag Tata Usaha (TU) RSUDAU Agus Darma Putra, SP, M.Si., mengungkapkan, dalam pemeriksaan kesehatan CJH tersebut, pihaknya membentuk sebanyak tiga tim dengan melibatkan puluhan petugas.

”Dalam pemeriksaan ini, kami membentuk tiga tim, dengan petugas khusus untuk melakukan pemeriksaan, dan pelaksanaanya kami pusatkan sejumlah tahapan pemeriksaan di GSG Ratu Piekulun RSUDAU,” ungkap Agus Darma Putra, mendampingi Direktur RSUDAU dr. Iman Hendarman, Sp.A, M.Kes., Jumat (12/5/2023).

BACA JUGA:Ketua RT Rasa Bupati, Berani Geruduk Ruko yang Serobot Saluran Air hingga Bahu Jalan

Pemeriksaan kesehatan ini diharapkan dapat mengetahui kondisi kesehatan calon jamaah haji dan untuk menentukan kelaikan calon jamaah haji dalam menunaikan ibadah haji. 

Sehingga calon jamaah haji dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar, aman, nyaman, sehat dan selamat hingga kembali lagi dari tanah suci.

”Rangkaian pemeriksaan istithaah kesehatan diantaranya pendaftaran, pengukuran antropometri (Berat Badan, Tinggi Badan, Lingkar Perut), Laboratorium (Cek Darah, Urine dan Dahak), Radiologi, EKG dan Pemeriksaan Fisik,” ujarnya.

Menurut dia, mengingat jumlah CJH yang akan menjalani pemeriksaan kesehatan cukup banyak, maka pihaknya membagi jadwal selama enam hari untuk CJH dari 15 kecamatan di kabupaten setempat.

BACA JUGA:Buntut Viral Dugaan Pungli, Kepala BKPSDM Pangandaran Dicopot

Pembagian tersebut meliputi, untuk hari pertama dikhususkan untuk 101 CJH dari Kecamatan Air Hitam dan Pagar Dewa, hari kedua 100 CJH dari Kecamatan Way Tenong, hari ketiga 109 CJH dari Kecamatan Lumbok Seminung, Sukau dan Balik Bukit.

Kemudian, hari keempat 100 CJH dari Kecamatan Way Tenong dan Sekincau, hari kelima 133 CJH dari Kecamatan Sumber Jaya, Kebun Tebu dan Gedung Surian, dan hari keenam untuk 98 CJH dari Kecamatan Batu Ketulis, Belalau, Batu Brak, BNS dan Suoh.

BACA JUGA:Seorang Wanita Nekat Terobos Resepsi Pernikahan dengan Sepeda Motor

”Insha Allah tidak ada kendala dan semua CJH bisa melakukan pemeriksaan kesehatan sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” harap Agus Darma Putra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: