7 Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh Apabila Rutin Minum Kopi di Pagi Hari

7 Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh Apabila Rutin Minum Kopi di Pagi Hari

Ilustrasi-tangkapan layar-

Medialampung.co.id - Kopi merupakan minuman wajib dihidangkan saat pagi hari, selain memberikan kenikmatan juga banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Namun juga ada aturan bila sedang menikmatinya karena bisa membuat asam lambung menjadi naik 

Namun bilamana dikonsumsi nya dalam ukuran yang tepat serta tidak berlebihan ada banyak manfaat yang didapatkan dari segelas kopi 

Berikut beberapa manfaat konsumsi minum kopi di pagi Hari.

BACA JUGA:Memiliki 5 Jenis Uang Koin Jadul Ini, Bisa Bikin Kaya Mendadak

1.Mengurangi Resiko Depresi 

Menikmati  kopi dalam setiap  harinya dapat menurunkan hingga 8 persen risiko depresi.

 

2.Menjaga Kondisi Hati dan Jantung

Seringkali  kopi dikaitkan dengan gejala jantung berdebar. 

Namun, jika dikonsumsi dalam takaran yang wajar, bisa meningkatkan kesehatan jantung dan hati serta menjaganya dari sejumlah penyakit.

Dari sebuah penelitian bahwa minum kopi  setidaknya satu gelas kopi per harinya dapat menurunkan  terkena gangguan hati hingga 15 persen. 

Selain itu, penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa mengonsumsi tiga sampai empat gelas kopi bisa  mengurangi risiko  stroke hingga 21 persen.

 

3. Membuat Panjang Umur

Sebuah studi yang membandingkan 40 studi bahwa mengonsumsi dua sampai empat gelas kopi setiap harinya berkaitan erat dengan menurunnya risiko kematian, tanpa menghiraukan faktor lainnya, seperti umur, berat badan, dan konsumsi alkohol.

BACA JUGA:5 Makanan Kucing yang Kaya Nutrisi Untuk Anabul

4. Bermanfaat Menjaga Berat Badan

Dari penelitian , kopi juga bermanfaat buat  kesehatan usus 

Selain dapat membantu mempertahankan berat badan , berbagai studi menunjukkan peran kopi dalam menurunkan kadar lemak dalam tubuh, terutama pada pria.

 

5.Meningkatkan Kesehatan Otak

Kopi dipercayai dapat membantu menjaga kesehatan otak hingga mencegah sejumlah penyakit otak, seperti penyakit alzheimer dan parkinson. 

Sebuah penelitian menunjukkan orang yang mengonsumsi kopi secara rutin memiliki risiko yang signifikan lebih rendah terhadap penyakit parkinson. 

Selain itu kandungan Kafein  dipercayai  dapat memperlambat pertumbuhan penyakit ini.

Penelitian lainnya terhadap 29.000 orang menunjukkan bahwa konsumsi kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit alzheimer yaitu sebuah penyakit otak yang menyebabkan seseorang mengalami penurunan daya ingat hingga penurunan kemampuan berpikir dan berbicara.

BACA JUGA:Kode Redeem FF 12 Mei 2023, Yuk Gaskeun Sebelum Kadaluarsa

6. Berpotensi Menurunkan Resiko Diabetes Tipe 2

Sejumlah riset menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi secara rutin memiliki kaitan dengan menurunkan risiko diabetes tipe 2 dalam jangka panjang.

Hal ini berhubungan dengan kemampuan kopi dalam mempertahankan fungsi sel beta yang ada dalam pankreas yang bertugas untuk memproduksi insulin untuk menjaga kadar gula darah.

 

7. Meningkatkan Energi

Seperti yang diketahui, kopi mengandung kafein, jenis stimulan yang dapat melawan rasa lelah dan meningkatkan energi dalam tubuh. 

Mengonsumsi kopi di pagi hari dapat membantu kita melawan rasa lelah agar lebih siap dan optimal dalam memulai hari. (wji/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: