Pemkab Lambar Lepas Enam Peserta Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Provinsi dan Nasional

Pemkab Lambar Lepas Enam Peserta Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Provinsi dan Nasional

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Adi Utama mewakili Pj Bupati Lampung Barat Nukman melepas enam orang peserta seleksi calon anggota pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Provinsi Lampung dan Nasional di Ruang Kerja Sekretaris Daerah Lampung Barat, Kamis (11/5/2023).

Turut hadir mendampingi calon peserta seleksi yaitu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Burlianto Eka Putra, S.H, Guru Pembina Paskibraka dan Staf Badan Kesbangpol Lambar.

Pada kesempatan tersebut, Pj Sekda Adi Utama menekankan agar para peserta tetap menjaga semangat kompetisi dan bisa terpilih untuk mewakili Lampung Barat di tingkat provinsi maupun nasional. 

BACA JUGA:Hari Pertama Pemberlakuan Tilang Manual, Polres Lambar Jaring 17 Pelanggar

Selain itu menanam jiwa pantang menyerah dan menjaga nama baik Pemerintah Daerah, Sekolah dan Keluarga. 

“Kalian ibarat emas yang masih terpendam, tunjukan aktualisasi diri agar kalian diperhitungkan, tetap yakin dan jaga percaya diri yang tinggi, jaga kesehatan, hindari sikap negatif di tengah masyarakat seperti penyalahgunaan Narkoba, bergunjing yang tidak perlu, menjaga tata krama, sikap budi bahasa, disiplin, dan tidak lupa beribadah dengan demikian kalian insya Allah bisa terpilih di tingkat Provinsi maupun Nasional,” ujar Adi Utama.

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol, Burlianto Eka Putra mengungkapkan bahwa keenam siswa tersebut berasal dari tiga SLTA di Kabupaten Lampung Barat yakni Dendra Deswan Aris, Jihan Alifiah, M.Andika Chandra, dan Andieni Ayu Pratiwi dari SMAN 1 Liwa, kemudian Novia Windi Ramadani dari SMAN 1 Way Tenong dan Agung Ramadhani dari SMAN 2 Liwa.

BACA JUGA:Ban Pecah, Truk Muatan Gabah Terguling di Pringsewu

“Keenam Calon Paskibraka (Capas) ini merupakan Capas terbaik hasil seleksi. Yang dilakukan Pemkab Lambar beberapa bulan yang lalu mereka telah memenuhi berbagai kriteria baik fisik, kepribadian maupun mental untuk menjadi Calon Paskibraka Nasional maupun Provinsi, seperti tinggi badan minimal 170 cm bagi putra dan 165 cm bagi putri dengan berat badan ideal,” tegas Burlianto. 

Burlianto mengatakan Capas ini akan mengikuti berbagai serangkaian tes mulai dari tes kesehatan, tes pengetahuan Ideologi Pancasila dan tes pengetahuan umum, tes kesamaptaan dan tes PBB yang dilakukan secara maraton dari tanggal 15-18 Mei 2023.

“Jadi yang membedakan tes Paskibraka tahun ini dengan tahun sebelumnya yaitu adanya tes secara online, untuk pengetahuan Ideologi Pancasila dan pengetahuan umum dengan sistem gugur. Terakhir tanggal 18 Mei 2023 langsung diumumkan yang lulus maupun tidak lulus, sehingga sudah diketahui siapa yang ditunjuk pada tanggal tersebut,” tutup Burlianto.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: