Burung Garuda, Mitos atau Nyata?

Burung Garuda, Mitos atau Nyata?

Sejarah mitologi burung garuda yang kini menjadi simbol Negara Kesatuan Republik Indonesia-Ilustrasi by AI Image Generator-

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Burung Garuda, simbol nasional Indonesia, telah menjadi objek kebanggaan dan keindahan yang mengagumkan bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Namun, di balik keindahannya, ada pertanyaan yang sering muncul, apakah burung Garuda benar-benar ada atau hanya sekedar mitos belaka?

Sejarah burung Garuda dapat dilacak kembali ke dalam mitologi Hindu dan Buddha. 

Di dalam mitologi tersebut, Garuda dipandang sebagai seekor burung raksasa yang memiliki kekuatan yang luar biasa dan dianggap sebagai kendaraan Dewa Wisnu. 

BACA JUGA:Mulai 2024, Masuk Singapura Tanpa Paspor, Ini Penggantinya

Garuda diyakini sebagai makhluk surgawi yang memiliki sayap yang sangat lebar dan terbang dengan kecepatan yang luar biasa.

Dalam kebudayaan Indonesia, burung Garuda digunakan sebagai simbol negara sejak zaman Majapahit, yang mana gambar Garuda pertama kali ditemukan pada relief Candi Bhinneka Tunggal Ika di Jawa Timur. 

Kemudian, pada masa kemerdekaan, Presiden Soekarno memilih Garuda sebagai simbol negara Indonesia, yang kemudian menjadi lambang Garuda Pancasila.

Sebenarnya, burung Garuda adalah makhluk mitologi dan tidak pernah ditemukan di dunia nyata. 

BACA JUGA:Penyebab Sakit Pinggang dan Cara Mengatasinya

Namun, banyak orang Indonesia yang masih mempercayai bahwa burung Garuda adalah hewan yang benar-benar ada.

Beberapa orang meyakini bahwa burung Garuda benar-benar ada, namun hanya hidup di tempat-tempat yang sangat tersembunyi seperti hutan yang belum tersentuh atau di tempat-tempat yang sangat suci. 

Namun, tidak ada bukti yang dapat membenarkan klaim tersebut.

Sementara itu, sebagian besar orang Indonesia menyadari bahwa burung Garuda hanya sekadar mitos dan simbol nasional yang indah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait