Puskesmas Gedung Surian Gelar Rutinitas Pembinaan Posyandu di Pekon Gedung Surian

Puskesmas Gedung Surian Gelar Rutinitas Pembinaan Posyandu di Pekon Gedung Surian

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Mengisi bukan suci Ramadan 1444 Hijriah, Tenaga Kesehatan (Nakes) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Gedung Surian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melaksanakan kegiatan rutin pembinaan pekon yang dikemas dalam agenda posyandu, Selasa (11/4).

Dimana pada kesempatan ini, dilakukan kegiatan posyandu delima, Pemangku Airy Pakuan, Pekon Gedung Surian yang menjadi yang dipimpin langsung Kepala Puskesmas (Kapus) NS Asminudin, S.Kep.

Agenda pemantauan tumbang balita dan kelas ibu hamil dengan jumlah balita 30 orang dan bumil 12 orang bersinergi dengan perawat pekon, bidan desa Bidang Koordinasi (Bikor) Puskesmas gesu dengan Bidan Koordinator puskesmas Maya Kartika Wati, S.St.

BACA JUGA:Triwulan I, APBD Lambar Terserap Rp95,229 Miliar

Dikatakan Asminudin, dalam pembinaan tersebut tim Puskesmas juga melakukan pendataan balita yang masih wajib diberikan imunisasi posyandu sebagai upaya menjaga kesehatan balita sekaligus menghindarkan dan mencegah melonjaknya kasus stunting. 

Pihaknya juga menjelaskan pentingnya pembinaan rutin posyandu oleh tim puskesmas kepada petugas kesehatan pekon bersama para kader bukan saja tentang bagaimana melaksanakan pelayanan posyandu yang baik. 

Melainkan juga wadah memberikan kesiapan kepada pekon-pekon dalam rangka mengikuti Evaluasi Perkembangan Pekon (EPP) yang dilakukan secara bergilir. 

BACA JUGA:Gubernur Arinal Buka Kuliah Umum dan Seminar Nasional Pencegahan Gratifikasi

Yang mana dalam agenda tahunan pemerintah tersebut bertujuan untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan perkembangan pekon dan kelurahan dalam kurun waktu januari sampai dengan desember. 

Yang didalamnya terdapat sektor kesehatan, diantaranya berkaitan dengan. Posyandu balita, posyandu lanjut usia (lansia) posbindu, hingga ibu hamil, menyusui dan banyak lainnya. 

Maka dalam pembinaan tersebut bertujuan agar pemahaman pekon melalui petugas dan kader di bidang kesehatan yakni posyandu semakin luas, sehingga ketika mendapatkan giliran EPP sudah siap. 

BACA JUGA:Dinas PMK Way Kanan Beri Pembekalan Panitia Pilkakam

Peratin Gedung Surian Boimin mengucapkan terimakasih kepada pihak puskesmas yang rutin memberikan pembinaan dan bimbingan sektor kesehatan masyarakat. 

Pihaknya berharap melalui upaya tersebut masyarakat akan semakin mengerti pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: