Pengurus HPDKI Lambar Dilantik, Dadang Sumpena Sebagai Ketua

Pengurus HPDKI Lambar Dilantik, Dadang Sumpena Sebagai Ketua

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang, Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (DPC HPDKI) Kabupaten Lambar dilaksanakan di GSG Bung Karno, Kecamatan Sumberjaya.

Dalam pelantikan yang dilakukan langsung oleh Ketua DPD Provinsi Lampung Budi Yuhanda, dan Ketua terpilih DPC HPDKI Kabupaten Lambar Periode 2022-2027 H. Dadang Sumpena, S.Sos, M.M., bersama jajaran pengurus, dihadiri Anggota DPRD Lambar Sakri, S.Ag, Camat Sumberjaya Agus Hadi Purnama, S.Ip., para pengusaha dan peternak kambing. 

Selain itu turut dihadiri Ketua DPD HPDKI Provinsi Lampung, Ketua DPC HPDKI Lambar, Kadisbunak Lambar yang diwakili oleh Kabid Perkebunan dan Peternakan Budiarto, Danramil Sumber Jaya, Lurah Tugusari dan komunitas tukang ngarit.

BACA JUGA:Study Kaji ke Gisting, Kelompok SL Kambing Salam Ngarit Belajar Tehnik Budidaya Ternak Kambing Boer

Dalam sambutannya Dadang Sumpena, menyampaikan bahwa HPDKI hadir di Kabupaten Lambar, sebagai wadah para peternak dalam koordinasi, sekaligus untuk memotivasi masyarakat yang belum beternak, karena Kabupaten Lambar merupakan wilayah yang punya potensi besar bidang peternakan.

Dengan dukungan Sumber Daya Alam (SDA) yang tinggi seperti memiliki perkebunan, artinya ada rumput atau tanaman yang dapat dimanfaatkan menjadi pakan. Artinya di Lambar ada kebun dan peternak. 

"Peternakan kambing ini juga sangat baik dikembangkan di Lampung Barat sebagai usaha antisipasi ketika musim panen kopi yang menjadi komoditas mengalami penurunan atau berkurang," imbuh Dadang yang juga saat ini menjabat Anggota DPRD Provinsi Lampung Fraksi PDI Perjuangan tersebut.

BACA JUGA:Begini Modus Pelaku Pencurian Kabel di Pesisir Barat

Lebih jauh Dadang menjelaskan HPDKI. Kedepannya, berkeinginan peternak lebih profesional dalam arti kalau udah besar tidak melulu harus ngarit rumput untuk pakan, melainkan bisa memproduksi  pakan lebih modern. 

"HPDKI hadir di Kabupaten Lambar untuk mendorong peternak menjadi lebih maju dan lahirnya para peternak profesional, unggul dan mandiri," tegas Dadang yang tak asing lagi bagi masyarakat Lampung Barat atau mantan Ketua DPRD Lambar Dua Periode tersebut. 

Pada kesempatan itu Dadang menyebut program awal yang akan dilaksanakan HPDKI, tentang pengolahan pakan lantaran disebutkannya kunci berternak adalah pakan. 

BACA JUGA:DPD PKS Lambar Gelar Apel Siaga, Targetkan Lima Kursi di Legislatif dan Anies Baswedan Menang

Sehingga untuk menanamkan wawasan tentang pengelolaan pakan, HPDKI akan memberikan sosialisasi, sekaligus memprogramkan kegiatan yang bisa mendorong warga yang belum berternak untuk beternak kambing dan domba. 

Kepada pemerintah melalui dinas instansi terkait, ikut mensupport dan mendukung keberadaan HPDKI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: