Study Kaji ke Gisting, Kelompok SL Kambing Salam Ngarit Belajar Tehnik Budidaya Ternak Kambing Boer

Study Kaji ke Gisting, Kelompok SL Kambing Salam Ngarit Belajar Tehnik Budidaya Ternak Kambing Boer

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Untuk meningkatkan pengetahuan dalam kegiatan budidaya peternakan kambing, kelompok Sekolah Lapang (SL) Kambing Salam Ngarit, Pekon Tebaliokh, Kecamatan Batu Brak, Kabupaten Lampung Barat melakukan study kaji ke sentra peternakan kambing jenis boer di wilayah Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus.

Dalam kunjungan itu, rombongan SL Kambing Salam Ngarit dibawah binaan Yayasan Badak Indonesia (YABI) dan BB-TNBBS itu berkesempatan melihat sejumlah sentra peternakan kambing sekaligus mendapat edukasi mengenai teknik budidaya kambing.

Ketua SL Kambing Salam Ngarit Suryadi mengucapkan terimakasih atas sambutan hangat dari kelompok peternak kambing di wilayah Gisting. 

BACA JUGA:Begini Modus Pelaku Pencurian Kabel di Pesisir Barat

Ia menyebut dalam kegiatan itu pihaknya berhasil mendapat berbagai ilmu terkait teknik pembudidayaan kambing mulai dari penyediaan indukan, sistem perkandangan, pengolahan pakan hingga kontrol terhadap penyakit.

"Studi kaji ini kami lakukan untuk meningkatkan SDM khususnya pada kelompok SL Salam Ngarit, karena peternak kambing boer disana sudah berhasil dan sukses membudidayakan kambing jenis Boer. Disana kami banyak belajar mengenai sistem budidaya kambing boer dengan baik dan benar," jelasnya.

Studi kaji itu, lanjutnya, adalah sebagai bentuk keseriusan kelompok dalam membangun sentra peternakan kambing di pekon Tebaliokh dan berharap kedepan kegiatan ternak kambing bukan hanya menjadi usaha sampingan namun bisa menjadi andalan atau sumber pendapatan utama masyarakat.

BACA JUGA:DPD PKS Lambar Gelar Apel Siaga, Targetkan Lima Kursi di Legislatif dan Anies Baswedan Menang

"Budidaya atau ternak kambing ini sebetulnya sangat menjanjikan karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Sehingga tujuan utama kami ialah bagaimana merubah mindset masyarakat agar beternak kambing ini bukan hanya menjadi kegiatan sampingan namun menjadi andalan," kata dia.

Diketahui, sebelumnya YABI bersama balai besar TNBBS memberikan bantuan kambing jenis boer kepada kelompok sekolah lapang Salam Ngarit.

Berangkat dari lima ekor kambing yakni dua ekor bandot dan tiga ekor betina itu diharapkan dapat mendorong kesejahteraan masyarakat dan menjadikan wilayah itu sebagai sentra kambing boer sebagai salah satu jenis kambing terbaik di indonesia tersebut.

BACA JUGA:Empat Pelaku Pencurian Kabel PLN Berhasil Dibekuk, Kerugian Capai Ratusan Juta

Peratin Tebaliokh Iwan Susanto mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh YABI dan TNBBS. 

Ia berharap bantuan ternak kambing ini dapat berkembang dengan baik dan memberikan manfaat ekonomi secara langsung bagi anggota kelompok dan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: