206 Siswa SMA Sederajat di Lambar akan Ikuti Seleksi Paskibraka

206 Siswa SMA Sederajat di Lambar akan Ikuti Seleksi Paskibraka

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Lambar Burlianto Eka Putra, S.H--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 206 siswa/siswi perwakilan dari SMA/SMK/MA  baik negeri maupun swasta se Kabupaten Lampung Barat (Lambar) mengikuti seleksi calon Paskibraka Kabupaten selama dua hari mulai besok, Kamis - Jumat (16-17/3/2023) bertempat GOR Aji Saka Kawasan Sekuting Terpadu.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Lambar Burlianto Eka Putra, S.H mengungkapkan, tahapan seleksi pada hari pertama meliputi tes parade, tes pengetahuan pancasila dan wawasan kebangsaan serta tes intelegensi umum dengan model seleksi berbasis online menggunakan aplikasi perisai paskibraka Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI.

BACA JUGA:Diremehkan Legenda, Erling Haaland Menggila!

Sedangkan pada hari kedua pada Jumat (17/3) tahapan seleksi meliputi tes kemampuan PBB, tes kesamaptaan serta tes kepribadian di mana penilai dari beberapa unsur yakni TNI/Polri, PPI, praktis dan OPD yang membidangi kepaskibrakaan yang masing masing mempunyai akun dengan penilaian secara online.

"Seleksi calon paskibraka tingkat kabupaten ini untuk memenuhi kebutuhan paskibraka Kabupaten Lambar sebanyak 50 orang rinciannya 26 pria dan 24 wanita. Serta memperoleh calon paskibraka yang akan dikirim mengikuti seleksi tingkat provinsi dalam rangka persiapan hari kemerdekaan RI ke 78 tahun 2023," ungkap Burlianto, Rabu (15/3/2023)

BACA JUGA:Manchester City vs Leipzig, Haaland Borong 5 Gol

Menurut dia, perekrutan Paskibraka tahun ini berbeda dari sebelumnya karena berdasarkan Perpres No 51/2022 tentang program pasukan pengibar bendera pusaka dan peraturan BPIP RI No.3/2022 tentang pelaksanaan dari Perpres No.51/2022.

Dimana program Paskibraka ini merupakan program kaderisasi calon pemimpin bangsa berkarakter Pancasila.

BACA JUGA:Kades Disuntik Mati, Diduga Motifnya Perselingkuhan

Salah satunya membentuk penerus perjuangan bangsa dan calon pemimpin bangsa yang memiliki karakteristik jiwa dan semangat pancasila dan UUD 1945 serta menanamkan dan menumbuhkan semangat patriotisme dan nasionalisme.

"Kita berharap kegiatan seleksi Paskibraka ini berjalan lancar dan hasil seleksi nanti akan dikirim untuk mengikuti seleksi Paskibraka tingkat provinsi," pungkas dia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: