Gerak Cepat! Pemkab Lampura Bantu Warga Terdampak Banjir dan Longsor

Gerak Cepat! Pemkab Lampura Bantu Warga Terdampak Banjir dan Longsor

Sekkab Lampura Drs. Lekok, MM., saat menyerahkan bantuan untuk warga terdampak banjir di wilayah Kotabumi dan sekitarnya--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Lampung Utara (Lampura) gerak cepat membantu warga yang terdampak banjir pasca hujan deras yang terjadi selama beberapa hari terakhir.

Sesuai instruksi kepala daerah, jajaran Pemerintah Kabupaten Lampura (OPD) Sigap membantu warga yang terdampak. 

Seperti sebelumnya dilaksanakan oleh rombongan TP-PKK kabupaten, kini kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh Ketua Tim Penanggulangan Bencana Daerah, Drs Lekok, M.M., sekaligus Sekretaris Daerah (Sekda) Lampura dan OPD dengan berkunjung ke beberapa titik yang menjadi daerah terdampak banjir di Kotabumi dan sekitarnya.

"Selain memantau kondisi dilapangan, kita (OPD) langsung turun dan memberikan buah tangan yang sangat diperlukan oleh masyarakat saat ini. Seperti nasi bungkus misalnya, karena itu memang sesuai keinginan warga terdampak banjir," kata Bang Lekok, sapaan akrab Sekkab Lampura Jumat, 10 Maret 2023.

BACA JUGA:Warga Binaan Rutan Kota Agung, Antusias Ikuti Penyuluhan Hukum

Menurut Bang Lekok, hal terpenting saat ini adalah bagaimana pemerintah dapat hadir ditengah-tengah masyarakat yang terdampak. 

Seperti yang telah dilaksanakan selama ini, mulai dari OPD, satker sampai kepada perangkat desa/kelurahan dapat sigap membantu di lapangan. 

Terutama masalah evakuasi dan pengawasan, sehingga dipercaya dapat meminimalisir dampak ikutannya.

"Kita itu, ada namanya satgas penanggulangan bencana. Yang terdiri dari berbagai dinas/instansi dibantu aparat keamanan (TNI-Polri) dan unsur terkait. Pertama-pertama dilakukan adalah evakuasi, bagaimana menyelamatkan warga terdampak hingga tak mengalami kerugian mendalam," tandasnya.

BACA JUGA:Jum'at Berkah, Dharma Wanita Diskominfotik Lampung Serahkan Bantuan di Panti Asuhan

Lantas, menyiapkan tenda-tenda darurat yang dapat digunakan sewaktu-waktu diperlukan. Kemudian ada juga posko penanggulangan bencana telah dibuat, bahkan patroli rutin dari petugas. 

Terutama TRC BPBD, yang senantiasa berpatroli memantau situasi terkini dibantu aparat terkait lainnya sampai di wilayah pedesaan.

"Mudah-mudahan permasalahan ini tidak berlarut-larut, sebab dari pengalaman biasa numpang lewat saja," hiburnya.

Terkait rencana pemberian bantuan lebih lanjut seperti harapan masyarakat, dijelaskannya pemerintah sedang berupaya maksimal dalam memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya mereka terdampak banjir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: