Tahun Ini, Target Produksi Ikan Capai 9.930 Ton

Tahun Ini, Target Produksi Ikan Capai 9.930 Ton

Kabid Pengelolaan Pembudidayaan Ikan Dinas Perikanan Lambar Umi Fitria, S.Pi.--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Barat tahun ini menargetkan produksi ikan sebanyak ton, termasuk untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat setempat. 

“Target produksi ikan sebanyak 9.930 ton itu rinciannya budidaya sebanyak 9.333 ton dan tangkap 597 ton. Untuk tangkap sudah ada realisasinya sebanyak 142,7 ton,” ungkap Kabid Pengelolaan Pembudidayaan Ikan Umi Fitria, S.Pi., mendampingi Kepala Dinas Perikanan Lambar Kamaludin.

BACA JUGA:EPP 2023, Tim Kabupaten Lakukan Penilaian di Pekon Tebaliokh dan Serungkuk

Dipaparkannya, potensi perikanan di Kabupaten Lambar akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan produksi ikan. 

Untuk mencapai target itu maka diperlukan peran aktif masyarakat, apalagi pembangunan perikanan merupakan salah satu program unggulan daerah ini. 

BACA JUGA:Kunker Ke Lampung, Ibu Iriana Main Congklak Bersama Anak-anak

“Sektor perikanan merupakan salah satu sektor andalan Lampung Barat, selain pertanian, peternakan, pariwisata, dan perkebunan,” kata dia.

Menurut Umi, upaya yang akan dilakukan pihaknya dalam rangka pencapaian target produksi ikan tersebut, seperti memberikan bantuan benih dan calon induk, memberikan pelatihan tentang cara budidaya dan pembenihan ikan yang baik, kemitraan usaha dengan pihak perbankan serta pembinaan kelembagaan pembudidaya ikan. 

BACA JUGA:Bantu Petani Kopi, Lambar akan Terima Bantuan Mesin

“Target produksi ikan sebanyak 9.930 ton itu antara lain jenis ikan mas, ikan nila, lele dan lainnya. Kita optimis produksi ikan tahun ini akan tercapai target,” pungkas dia.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: